Polda Sumsel tingkatkan kesiapan Polres pertahankan kamtibmas

id Polda Sumsel tingkatkan kesiapan Polres pertahankan kamtibmas, pemeriksaan kesiapan personel polres jajaran polda sumsel, pertahankan kamtibmas, kesia

Polda Sumsel tingkatkan kesiapan Polres pertahankan kamtibmas

Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto mengecek kesiapan Polres Ogan Ilir pertahankan kamtibmas tetap kondusif. (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Selatan berupaya meningkatkan kesiapan Polres atau satuan wilayah untuk mempertahankan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang sudah terpelihara dengan baik selama ini.

Untuk meningkatkan kesiapan itu dilakukan pemeriksaan personel dan peralatan pendukung  satuan wilayah yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat, kata Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Toni Harmanto di Palembang, Kamis.

Menurutnya, untuk mekakukan pengamanan di setiap kabupaten dan kota, Kapolres diperintahkan meningkatkan koordinasi dengan kepala daerah serta  membangun sinergisitas dengan TNI, berbagai pihak dan elemen masyarakat di wilayah kerja masing-masing.

Koordinasi dan kerja sama antara jajaran Polda Sumsel dengan pemerintah daerah dan berbagai pihak  sangat penting dijalin dengan baik karena dalam tahap mengamankan dan menertibkan masyarakat pihak kepolisian dengan keterbatasan anggaran operasional dan personel, tidak mungkin mampu melakukannya sendirian.

Selain itu, pihaknya juga mengajak seluruh lapisan masyarakat di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat di  sekitar lingkungannya agar bisa dicegah timbulnya berbagai gangguan kamtibmas termasuk ancaman terorisme.

Partisipasi masyarakat menjaga lingkungannya dari berbagai hal yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas sangat diperlukan.

"Dengan meningkatnya kamtibmas dapat mempertahankan kondisi kondusif serta mendukung berbagai aktivitas masyarakat dan pemerintahan di provinsi ini," ujar mantan Kapolda Sumbar itu.