Pertamina Patra Niaga operasikan tiga SPBU BBM Satu Harga di Muba

id BUMN,pertamina,pertamina patra niaga,pertamina sumbagsel,BBM Satu Harga

Pertamina Patra Niaga operasikan  tiga SPBU BBM Satu Harga di Muba

Lembaga penyalur SPBU BBM Satu Harga bernomor 26.307.10 di Desa Sukajaya, Kecamatan Plakat Tinggi, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, resmi beroperasi, Kamis (16/9/2021). ANTARA/HO-Pertamina.

Palembang (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga mengoperasikan tiga unit SPBU program BBM Satu Harga di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, untuk menjalankan program pemerintah berupa pemerataan energi di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar).

Executive General Manager (EGM) Regional PT Pertamina Sumbagsel Asep Wicaksono Hadi mengatakan tiga SPBU BBM Satu Harga itu berada di Kecamatan Plakat Tinggi, Kecamatan Lalan dan Kecamatan Babat Toman.

“Program ini dijalankan agar semua masyarakat dapat menikmati energi secara adil,” kata dia dalam peresmian lembaga penyalur SPBU BBM Satu Harga bernomor 26.307.10 di Desa Sukajaya, Kecamatan Plakat Tinggi, Sumatera Selatan, Kamis.

Kebijakan ini diharapkan dapat membantu masyarakat dapat mengakselerasi pergerakan ekonomi setempat melalui akses mudah terhadap sumber energi.

Pertamina telah berkoordinasi dengan kepolisian, pemkot dan pemkab untuk melakukan pengawasan dan menjaga energi dapat digunakan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Komite BPH Migas Basuki Trikora Putra berharap jajaran pemkab berperan aktif dalam menjaga operasional SPBU Satu Harga ini, termasuk menjaga stoknya untuk dapat diterima oleh masyarakat yang berhak.

Sementara itu Wakil Bupati Muba Beni Hernedi mengapresiasi berdirinya SPBU BBM Satu Harga ini karena akan mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

“Ini adalah SPBU BBM Satu Harga yang ke-3 setelah sebelumnya diresmikan di Kecamatan Lalan dan Kecamatan Babat Toman,” kata dia.

Pjs Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Agustina Mandayati mengatakan dengan diresmikannya SPBU bernomor 26.307.10 ini, sejak November 2017 telah berdiri 12 unit SPBU BBM Satu Harga di Sumbagsel.

“Sebanyak 6 unit di Provinsi Sumatera Selatan, 4 unit di Provinsi Lampung dan 2 unit di Provinsi Bengkulu,” kata dia.

Adanya penambahan SPBU Kompak 3T di Kecamatan Plakat Tinggi di Kabupaten Muba ini sangat membantu perekonomian masyarakat yang dominan bermata pencaharian buruh kayu, sawit dan karet.

Masyarakat yang sebelumnya harus merogoh kocek mulai Rp9.000/liter hingga Rp10.000/liter untuk setiap pembelian BBM Solar dan Premium, sekarang dapat menikmati harga yang sama dengan di SPBU yaitu untuk Premium sebesar Rp6.450/liter dan Solar Rp5.150/liter.

"Bagi konsumen setia BBM berkualitas, di SPBU 26.307.20 ini juga disediakan BBM Pertamax dengan harga Rp9.200/liter," ujar Tina.

Sebagai BUMN yang bergerak dibidang energi, tentunya Pertamina mendukung penuh program Pemerintah dalam mewujudkan kemandirian energi dan penyamarataan harga BBM ke pelosok negeri, kata Agustina.