KPU: Jumlah kursi di DPRD OKU bertambah saat Pileg 2024

id Kursi DPRD, Pileg 2024, penambahan Dapil, Jumlah penduduk OKU, KPU OKU

KPU: Jumlah kursi di DPRD OKU bertambah saat Pileg 2024

Ilustrasi kursi dprd (ANTARA / istimewa)

Baturaja (ANTARA) - Ketua KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan Naning Wijaya mengatakan jumlah kursi di DPRD OKU pada Pemilu Legislatif 2024 diprediksi akan bertambah seiring bertambahnya jumlah penduduk di wilayah itu.

"Saat ini ada 35 kursi, namun tidak menutup kemungkinan saat Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 nanti jumlah kursi akan bertambah menjadi 40 kursi," kata Naning Wijaya di Baturaja Ogan Komering Ulu (OKU), Rabu.

Naning menjelaskan penentuan jumlah kursi di DPRD OKU pada Pileg 2024 mendatang ditentukan dari jumlah penduduk pada tahun 2024 nanti.

Sementara data yang didapat dari Disdukcapil OKU pada semester I tahun 2021 tercatat peningkatan jumlah penduduk yang signifikan.

Penambahan jumlah penduduk OKU bertambah dari 360 ribu jiwa menjadi 371.966 jiwa pada semester I 2021.

"Maka, jika nanti jumlah penduduk OKU bertambah menjadi lebih dari 400 ribu jiwa, maka kursi di DPRD OKU juga akan bertambah," jelasnya.

Jika nantinya terjadi penambahan penduduk yang menjadikan bertambahnya kursi di DPRD OKU, maka akan terjadi perubahan Daerah Pemilihan (Dapil) dan jumlah kursi dalam setiap dapil.

"Hal ini dipengaruhi penambahan penduduk hanya terjadi di Kecamatan Baturaja Timur dan Kecamatan Baturaja Barat," tegas Naning.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021