IPAL Sei Selayur masuki tahapan pemasangan pipa instalasi rumah tangga

id ipal,ipal palembang,bumd palembang,pemkot palembang

IPAL Sei Selayur masuki tahapan  pemasangan pipa instalasi rumah tangga

Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson (kedua kiri) didampingi Wali Kota Palembang Harnojoyo (kiri) melakukan Ground Breaking Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang merupakan hibah dari Pemerintah Australia di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (2/11/17). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Progres pengerjaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Sei Selayur Palembang memasuki tahap pemasangan pipa instalasi rumah tangga yakni sebanyak 20.000 sambungan.

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Akhmad Bastari di Palembang, Sabtu, mengatakan, saat ini progres pengerjaan IPAL Sei Selayur sudah pada tahap pembuatan instalasi pipa induk.

Setelah pipa instalasi terpasang maka semua air limbah akan dialirkan melalui pipa untuk kemudian diolah di IPAL Sei Selayur.

Semua limbah dari kamar mandi yang ada di Kantor Wali Kota akan dialirkan melalui pipa dan diolah. Tidak ada lagi penggunaan septictank, kata dia.

Nantinya dalam proses pengolahan tersebut, air limbah tersebut dapat memenuhi baku mutu atau standar minimum air limbah yang dapat dibuang ke badan air agar tidak mencemari lingkungan.

Menurut dia, pemasangan instalasi ini akan di mulai dari kawasan Merdeka, Kantor Wali Kota.

Saat ini proses pembangunan instalasi pipa induk dan booster (stasiun pompa) sepanjang 8,5 kilometer masuk dalam paket pengerjaan hibah dari pemerintah Australia dan ditargetkan selesai di 2022.

Pembangunan jaringan instalasi pipa ini mengunakan teknik Auger Jacking yang dari segi kerja yang lebih efisien waktu dan tidak mengotori lingkungan karena bekas galian.

IPAL ini akan berada di bawah kewenangan PDAM Tirta Musi dan mekanisme apakah berbayar atau tidak, saat ini belum diputuskan, kata dia.

Pemkot akan membuat Perda terkait pengelolaan instalasi IPAL Sei Selayur, dan dibawah BUMD Kota Palembang.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021