Menpora RI dukung penuh Fornas VI 2022 Sumatera Selatan

id Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke VI Sumatera,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Menpora RI dukung penuh Fornas VI  2022 Sumatera Selatan

Menpora RI Zainudin Amali virtual membuka Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke VI Sumatera Selatan di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (9/9/2021). ANTARA/M Riezko Bima Elko

Sumatera Selatan (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali mendukung penuh penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke VI Sumatera Selatan yang akan berlangsung tahun depan.

Ia pun menyakini acara tersebut bisa berlangsung dengan sukses mengingat Sumatera Selatan sebagai tuan rumah sudah berpengalaman menggelar ajang olahraga nasional dan internasional.

Sumatera Selatan adalah daerah yang dikenal gudang atlet berprestasi dan berpengalaman dalam penyelenggaraan event nasional bahkan internasional,” kata Zainudin dari siaran virtual langsung pada pembukaan Fornas VI tahun 2022 di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, Sumatera Selatan, Kamis.

Pada kesempatan itu, Zainudin mengharapkan adanya dukungan aktif masyarakat untuk membantu pemerintah daerah menyiapkan segala macam keperluan mengingat desain penyelenggaraan Fornas VI ini menjadi yang terbesar dibanding penyelenggaraan sebelumnya.

Pertama dilihat dari kepesertaanya yang tidak terbatas hanya perwakilan tingkat provinsi tapi terbuka untuk tingkat kabupaten kota dan bahkan mengundang penggiat olahraga masyarakat dari luar negeri. Lalu juga ada rencana pemecahan rekor di cabang olahraga perahu Bidar.

“Secara garis besar saya yakin Sumsel bisa sukses menggelar acara ini, bila ada waktu saya sempatkan untuk mengunjungi Palembang,” ujar Menpora.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, kepercayaan yang diberikan itu tentu menjadi motivasi tersendiri bagi panitia dan khususnya masyarakat untuk mempersiapkan acara yang akan berlangsung Juli 2022 mendatang atau lebih kurang 300 hari lagi.

“Kami berusaha menjadi tuan rumah terbaik bagi kontingen nasional dan internasional, dengan bekal pengalaman yang ada,”kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Nasional Hayono Isman mengatakan, Fornas VI Sumatera Selatan memiliki 52 cabang olahraga masyarakat yang diperlombakan.

Terdiri atas olahraga tradisional, permainan dan olahraga modern yang bersifat massal seperti tarik tambang, paralayang, Breakdance, Wushu, dan Perahu Bidar dan lainnya.

Fornas ini, kata dia, merupakan ajang olahraga yang berbeda dari olahraga prestasi. Misi besar Formas ini yaitu melestarikan budaya olahraga masyarakat baik daerah dan nasional yang dikompetisikan sehingga peran aktif masyarakat akan tumbuh.

Fornas VI dirasa istimewa karena memperlombakan cabang olahraga perahu Bidar yang merupakan olahraga warisan budaya Sumatera Selatan.

Khusus untuk cabor itu, akan disiapkan secara maksimal sebab dipersiapkan juga untuk pemecahan rekor nomor olahraga dayung dunia.

“300 hari ini akan dioptimalkan dengan baik kami akan melakukan koordinasi dengan OPD lintas sektoral untuk kelancaran acaranya,” katanya.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021