Pemkot Palembang galakkan sidak pasar jaga keamanan pangan

id pengawasan produkpangan di pasar, jaga keamanan pangan warga , cegah peredaran pangan

Pemkot Palembang galakkan sidak pasar jaga keamanan pangan

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda berupaya menggalakkan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar tradisional dan modern untuk menjaga keamanan pangan warga kota.

"Kebutuhan pangan merupakan bagian terpenting dari kehidupan warga sehari-hari sehingga perlu dijaga keamanannya terutama dari kandungan bahan kimia berbahaya bagi kesehatan," kata Fitrianti Agustinda di Palembang, Sumsel, Rabu.

Menurut dia, kegiatan inspeksi mendadak di pasar tradisional dan modern yang dilakukan pihaknya bersama tim BPOM, masih sering menemukan bahan makanan yang diproduksi menggunakan bahan kimia berbahaya bagi kesehatan seperti boraks dan formalin.

Jika ditemukan produk pangan yang disidak mengandung bahan kimia berbahaya langsung disita agar tidak dikonsumsi warga kota ini dan pedagangnya diberikan peringatan keras untuk tidak lagi menjual barang serupa.

Selain menggalakkan sidak, pihaknya juga berupaya memaksimalkan fungsi pojok BPOM yang disediakan di pasar tradisional untuk melakukan pengawasan peredaran pangan yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan warga.

Pojok BPOM yang dibangun sejak dua tahun terakhir di sejumlah pasar tradisional itu fungsinya akan dimaksimalkan lagi, sehingga bisa memberikan kemudahan warga mengecek bahan pangan dan makanan yang mereka beli aman atau tidak untuk dikonsumsi.

Untuk melayani masyarakat melakukan pengecekan bahan pangan/makanan, petugas BPOM menggunakan rhodamin test kit, sehingga hasilnya bisa diketahui dengan cepat, ujar dia.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021