Pemkab OKU Timur lakukan tes urine seluruh ASN

id Penyalahgunaan narkoba, kalangan ASN, tes urine, BNNK OKU Timur, Bupati OKU Timur

Pemkab OKU Timur lakukan tes urine seluruh ASN

Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah (ANTARA/HO/21)

Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan akan melakukan tes urine seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) guna mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pemerintah daerah tersebut.

"Kami akan segera melakukan tes urine bagi seluruh ASN di lingkungan Pemkab OKU Timur untuk menekan penyalahgunaan narkoba, oleh sebab itu dibutuhkan peran serta seluruh lapisan masyarakat, termasuk juga ASN," kata Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah di Martapura, ibu kota Kabupaten OKU Timur, Selasa.

Menurut dia, sudah sepatutnya para pejabat dan ASN di Pemkab OKU Timur menjadi contoh yang baik, khususnya dalam penekanan penyalahgunaan narkotika.

Oleh sebab itu, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar tes urine bagi ASN dengan menggandeng Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) OKU Timur.

Tes urine tersebut dilakukan guna memastikan tidak ada ASN jajaran Pemkab OKU Timur yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

"Meskipun sejauh ini tidak ada ASN yang terlibat narkoba, namun tes urine tetap dilakukan secara dadakan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BNNK OKU Timur AKBP Efrianto Tambunan menambahkan, tes urine dilakukan sebagai upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di jajaran pegawai.

Tes urine tersebut akan dilakukan secara kontinyu bagi seluruh ASN jajaran Pemkab OKU Timur.

"Tes urine nantinya juga menyasar pada kalangan pelajar, karyawan swasta dan masyarakat umum," jelasnya.