Dinkes Palembang minta tambahan ribuan dosis vaksin COVID-19

id Dinkes Palembang minta tambahan ribuan dosis vaksin COVID-19, vaksinasi, percepat vaksinasi covid-19, minta tambahan vaksin

Dinkes Palembang minta tambahan ribuan dosis vaksin COVID-19

Antrean pelayanan vaksinasi COVID-19 (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan minta tambahan ribuan dosis vaksin COVID-19 untuk percepatan pelayanan vaksinasi yang ditargetkan hingga awal 2022 sebanyak 1,2 juta jiwa.

"Untuk melakukan percepatan vaksinasi terkendala stok vaksin yang jumlahnya terbatas, guna menciptakan kekebalan kelompok dari penularan virus corona jenis baru itu terus diupayakan penambahan stok vaksin COVID-19," kata Plt Kepala Dinas  Kesehatan Kota Palembang dr.Fauziah di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pelaksanaan program vaksinasi yang dimulai sejak 14 Januari 2021 dengan sasaran perdana sumber daya manusia (SDM) bidang kesehatan dan segmentasi lainnya hingga saat ini berjalan sesuai dengan rencana dan target sasaran yang ditetapkan.

Untuk melakukan pelayanan vaksinasi kepada warga kota pempek ini disiapkan 40 puskesmas dan dua rumah sakit umum daerah, katanya.

Dia menjelaskan, pada Agustus hingga September 2021 pihaknya mendapat pasokan ribuan dosis vaksin Sinovac dan Moderna, namun stok tersebut sekarang ini mulai menipis sehingga diupayakan permintaan tambahan ke provinsi dan pusat.

Animo warga kota ini untuk divaksin cukup tinggi, namun tidak seimbang dengan persediaan vaksin yang ada di fasilitas kesehatan.

Capaian vaksinasi di Kota Palembang sudah mencapai 30 persen lebih untuk dosis pertama dan 20 persen lebih dosis kedua.

Melalui upaya tersebut diharapkan stok vaksin COVID-19 selalu tersedia  sehingga  pelayanan vaksinasi bisa berjalan sesuai target yang diharapkan, ujar dia pula.