Jumlah wisatawan asing Sumsel melejit, berkat kedatangan tentara AS latihan tempur di Baturaja

id BPS,wisatawan asing,covid-19,bps sumsel,kunjungan wisatawan,tni ad

Jumlah wisatawan asing Sumsel melejit, berkat kedatangan tentara AS latihan tempur di Baturaja

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Andika Perkasa (kanan) didampingi Komandan Tentara Angkatan Darat Amerika (US Army) Asia Pasifik Jenderal Charles A Flynn (kiri) dan Komandan Kodiklat TNI AD Letnan Jenderal TNI Anto Mukti Putranto (tengah) memeriksa pasukan saat pembukaan Latihan Bersama Garuda Shield ke 15/2021 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Baturaja, OKU, Sumatera Selatan, Rabu (4/8/2021). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww.)

Palembang (ANTARA) - Jumlah wisatawan asing Sumatera Selatan terdongkrak pada Agustus 2021 dengan mencatat 804 orang berkat adanya kedatangan ratusan tentara AS yang melakukan latihan tempur di Baturaja.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Selatan (Sumsel) Zulkipli di Palembang, Kamis, mengatakan, ratusan warga negara asing (WNA) tersebut datang ke Sumatera Selatan (Sumsel) melalui pintu masuk Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang.

Kunjungan wisman itu berkaitan dengan acara Latihan Bersama Garuda Shield ke 15/2021 yang diikuti tentara Amerika Serikat (AS) di Pusat Latihan Tempur TNI AD, Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, pada awal Agustus lalu.

“Bisa dikatakan, ini jumlah tertinggi sejak pandemi,” kata Zulkipli.

Berdasarkan data BPS Sumsel, sejak awal Januari 2021 tidak ada wisman yang berkunjung ke Sumsel seiring masih berlangsungnya pandemi COVID-19 yang membatasi sektor pariwisata.

Lantaran itu, BPS pun tidak bisa memproyeksi perkembangan kunjungan wisman untuk bulan-bulan berikutnya.

“Karena kunjungan wisman ini sangat bergantung pada kebijakan pemerintah pusat,” kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021