Paguyuban Sinar Mas Sumsel gelar vaksinasi COVID-19, sasar 1.000 orang

id covid sumsel palembang,paguyuban sinarmas,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19,vaksinasi

Paguyuban Sinar Mas Sumsel gelar vaksinasi COVID-19, sasar 1.000 orang

Ketua Paguyuban Sinarmas Sumatera Selatan mendampingi staf ahli Wali Kota Palembang meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 masyarakat umum dosis pertama di Gedung Al-hijrah, Selasa (31/8/2021). ANTARA/M Riezko Bima Elko P

Sumatera Selatan (ANTARA) - Paguyuban Sinarmas Sumatera Selatan menggelar skema vaksinasi COVID-19 tahap pertama untuk masyarakat umum yang terpusat di Gedung Al-hijrah Jalan Sukabangun 1, Kecamatan Sukarame, Kota Palembang, Selasa.

Skema vaksinasi ini diselenggara atas kerja sama Pemerintah Kota Palembang, Dinas Kesehatan, Dinas Kehutanan Sumatera Selatan, organisasi forum DAS Sumatera Selatan, Kantor Berita Antara Biro Sumatera Selatan, Jaringan Media Siber Indonesia, dan Suara Nusantara.

Ketua Yayasan Paguyuban Sinarmas Sumatera Selatan Iwan Setiawan di Palembang, Selasa, mengatakan, Kegiatan tersebut digelar sebagai upaya untuk mempercepat capaian kekebalan kelompok (herd immunnity) di Palembang ini yang saat ini baru 40 persen tervaksinasi COVID-19.

“Kami bahu-membahu dengan pemerintah supaya penyebaran COVID-19 di Kota Palembang menurun,” kata dia.

Ia menjelaskan, dalam skema vaksinasi tersebut Dinas Kesehatan menyediakan 1.000 dosis vaksin Sinovac Biofarm 0,5 Ml untuk 1.000 orang peserta sebagai vaksin dosis pertama untuk masyarakat umum dari usia 12 – 69 tahun.

Pelaksanaan skema vaksinasi dilaksanakan oleh tujuh Puskesmas (Ariodillah, Sosial, Sekip, Alang-alang Lebar, Sukarame, Sei Selayur dan Kemuning).

Masing-masing Puskesmas menyiagakan enam sampai tujuh orang tenaga vaksinator, lima tim cepat tanggap, dan lima orang petugas emergency (penanganan darurat).

“Semua skema vaksinasi mulai dari registrasi, skrining, penyuntikan lalu observasi dilaksanakan dengan protokol kesehatan, dan diawasi oleh tenaga kesehatan yang terlatih,” ujarnya.

Sebagai ketua pelaksana Iwan juga menjelaskan, antusias masyarakat untuk mendapatkan vaksin sangat tinggi sebab dalam dalam hitungan menit kuota peserta sudah terpenuhi.

Maka untuk mengeleminir adanya kepadatan yang berlebih, masyarakat diminta melakukan pendaftaran secara online terlebih dahulu melalui aplikasi yang disediakan panitia.

"Sehingga saat registrasi ulang mereka hanya perlu membawa KTP," ujarnya.

Selanjutnya, dari jumlah1.000 peserta tersebut diatur yang mana setiap meja vaksinasi hanya melayani 250 orang per jam, sementara peserta lainnya mengantre di tempat yang sudah disediakan.

“Kami optimalkan dalam sehari Jadi tidak ada penumpukan, Kalau sudah selesai divaksin langsung diarahkan pulang dan diberikan bibit pohon tanaman buah dari balai benih,” tandasnya.

Seorang peserta vaksinasi Ahmad Yani (30) mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini cukup terorganisir dengan baik sehingga tidak terjadi penumpukan pada antrean peserta.

Menurutnya, pada kesempatan tersebut ia bisa mendapatkan vaksinasi bersama dengan dua orang keluarganya, cukup dalam waktu 30 menit saja.

“Terima kasih, semoga berlanjut pada penyuntikan vaksin kedua nanti,”cetusnya.

Sementara itu, Staf Ahli Wali Kota Palembang Letizia, mengatakan, Pemerintah Kota Palembang sangat mengapresiasi aksi pilar usaha PT APP Sinarmas dan mitra kerjanya dalam rangka membantu pemerintah mempercepat capaian kekebalan masyarakat dari paparan COVID-19.

Ia berharap ketersediaan vaksin tercukupi sehingga kegiatan dapat berlanjut untuk penyuntikan vaksin dosis kedua.