Pertamina imbau warga Musi Rawas Utara beli LPG di pangkalan resmi

id pertamina

Pertamina imbau warga Musi Rawas Utara beli LPG di pangkalan resmi

Salah satu pangkalan resmi LPG 3 Kg di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan. (ANTARA/HO-Pertamina/21)

Palembang (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) Sumatera Bagian Selatan menghimbau warga Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan untuk membeli LPG 3 Kg bersubsidi di pangkalan resmi.

Sales Branch Manager (SBM) Rayon IV Sumsel Babel PT Pertamina Ahad Jabbar Syaifullah di Muratara, Senin, mengatakan, pembelian di pangkalan resmi ini untuk melindungi warga agar mendapatkan LPG tersebut harga sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Hal ini terungkap dalam kegiatan Inspeksi Mendadak (SIDAK) ke sejumlah Pangkalan di Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musi Rawas Utara dan wilayah sekitarnya.

"Untuk memastikan harga sesuai dengan HET, kami secara berkala melakukan pengecekan ke sejumlah Pangkalan," kata dia.

Ahad mengatakan dengan membeli di pangkalan resmi maka akan memperoleh tabung LPG Subsidi 3 Kg dengan harga sesuai yang telah ditetapkan, untuk HET di Muratara yaitu sebesar Rp. 18.050,- per tabung.

Sebagai jalur distribusi resmi Pertamina, pangkalan selalu dimonitor untuk stok serta penjualannya.

Untuk ketersediaan LPG di Kabupaten Muratara, Pertamina mendistribusikan melalui dua Agen LPG PSO dan 87 pangkalan.

“Pertamina memantau terus untuk stok dan penyalurannya,” kata dia.

Unit Manager Communication, Relation & CSR MOR II PT Pertamina Umar Ibnu Hasan mengatakan kegiatan sidak ini digencarkan Pertamina agar penyaluran LPG Subsidi 3 Kg tepat sasaran dengan harga sesuai HET. Selain itu, bertujuan mengedukasi masyarakat agar tidak melakukan pembelian secara berlebihan.

Sesuai dengan peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penyaluran dan Pendistribusian LPG, bahwa fungsi pengawasan Pertamina sebagai badan usaha yang ditunjuk untuk menyalurkan LPG Bersubsidi, adalah mulai dari Agen hingga Pangkalan. Artinya, titik terakhir pendistribusian adalah di Pangkalan, bukan di pengecer atau warung.

“Memang masyarakat kami arahkan untuk membeli LPG Subsidi 3 Kg di Pangkalan terdekat karena kami pastikan stok di pangkalan masih tersedia tanpa harus melakukan pembelian dengan jumlah besar,” kata dia.

Adapun ciri-ciri pangkalan LPG resmi Pertamina yakni memiliki plang warna hijau yang mencantumkan nama pangkalan, nomor registrasi pangkalan, menyebutkan HET, serta menyebutkan kontak pangkalan serta Call Center Pertamina 135.