Dinkes Sumsel siapkan 133 ribu vaksin Moderna untuk masyarakat umum

id Dinkes Sumsel siapkan 133 ribu vaksin Moderna untuk umum, vaksin moderna untuk umum dinkes sumsel siapkan vaksin moder

Dinkes Sumsel siapkan 133 ribu vaksin Moderna untuk masyarakat umum

Pelayanan vaksinasi COVID-19 (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan menyiapkan 133 ribu lebih vaksin COVID-19 Moderna untuk masyarakat umum di 17 kabupaten dan kota di provinsi itu.

"Vaksin Moderna yang sebelumnya hanya digunakan sebagai vaksin dosis ketiga atau booster bagi tenaga kesehatan kini mulai disiapkan untuk masyarakat umum," kata Kadinkes Sumsel, Lesty Nuraini di Palembang, Sabtu.

Menurut dia, vaksin Moderna untuk masyarakat umum itu saat ini dalam proses distribusi dari gudang di Palembang ke seluruh kabupaten dan kota di provinsi itu.



Jika distribusi lancar, September 2021 vaksinasi COVID-19 dengan vaksin Moderna untuk masyarakat umum bisa dimulai, katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya bersama Dinkes kabupaten/kota didukung tim kesehatan TNI/Polri berupaya melakukan percepatan vaksinasi kepada semua lapisan masyarakat untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) dari penularan COVID-19.

Untuk mendukung pelayanan vaksinasi kepada masyarakat agar berjalan lancar, pihaknya mengupayakan stok vaksin COVID-19 tersedia sesuai dengan kebutuhan masing-masing kabupaten/kota.



Stok vaksin terus dipantau perkembangannya, untuk mencegah kehabisan stok secara rutin diajukan permohonan permintaan tambahan stok ke Kementerian Kesehatan.

Pelayanan vaksinasi COVID-19 di Sumsel telah berjalan sejak 14 Januari 2021 menggunakan vaksin Sinovac, AstraZeneca dan Moderna dengan capaian 24,11 persen untuk dosis pertama dan 11,86 persen dosis kedua dari target 6,4 juta jiwa, ujar Kadinkes.