Dinkes OKU distribusikan vaksin Moderna untuk masyarakat umum

id Vaksin Moderna, masyarakat umum,COVID-19, 18 Puskesmas, tempat pelayanan vaksinasi, Dinas Kesehatan OKU

Dinkes OKU distribusikan  vaksin Moderna untuk masyarakat umum

Pelaksana Harian Bupati OKU Edwar Chandra meninjau tempat pelayanan vaksinasi, Sabtu (21/8/2021). (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mendistribusikan 180 vial vaksin Moderna untuk masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas, guna penanganan penularan pandemi COVID-19 di daerah itu.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Komering Ulu (OKU) Andi Prapto di Baturaja, Sabtu, menjelaskan pihaknya mulai membuka pelayanan vaksinasi COVID-19 Moderna di 18 puskesmas di wilayah itu.

Seluruh puskesmas di Kabupaten OKU saat ini telah tersedia 10 vial vaksin Moderna untuk masyarakat umum usia 18 tahun ke atas.

Ia mengatakan vaksin Moderna disiapkan khusus untuk masyarakat yang belum mendapat suntikan vaksin Sinovac tahap satu dan dua.

Masyarakat yang belum mendapat vaksin dapat mendatangi tempat pelayanan vaksinasi di 13 kecamatan dengan membawa syarat kartu identitas untuk divaksin.

Ia mengatakan vaksin Moderna juga diberikan kepada tenaga kesehatan di wilayah itu yang saat ini masih berlangsung dengan realisasi tahap tiga sudah mencapai 75 persen.

Sebelumnya, vaksin Moderna di Indonesia hanya khusus bagi tenaga kesehatan sebagai vaksin ketiga atau "booster" (penguat).

Menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, vaksin Moderna merupakan vaksin COVID-19 dengan platform mRNA dan nukleosida dimodifikasi agar dapat membentuk kekebalan tubuh terhadap virus SARS-CoV-2 sehingga dapat mencegah penyakit virus corona.

Dia menjelaskan secara umum pemberian vaksin Moderna sama seperti jenis Sinovac, yaitu dua dosis dengan interval pemberian dosis kedua selama 28 hari.

"Hanya saja vaksin jenis ini memiliki efek samping demam setelah disuntik," ujarnya.