BPBD OKU imbau warga di lima kecamatan waspada banjir

id Waspada bencana alam, banjir dan tanah longsor, lima kecamatan rawan bencana, Ogan Komering Ulu, BPBD OKU

BPBD OKU imbau warga di lima kecamatan waspada banjir

Kepala BPBD Kabupaten OKU, Amzar Kristopa. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengimbau warga di lima kecamatan waspada terhadap bencana banjir dan tanah longsor saat hujan.

"Karena lima kecamatan ini berpotensi terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor saat musim hujan," kata Kepala BPBD Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristopa di Baturaja, Jumat.

Lima kecamatan rawan bencana tersebut meliputi Kecamatan Ulu Ogan, Lengkiti, Sosoh Buay Rayap, Pengandonan dan Muara Jaya.

Dia menjelaskan, lima kecamatan itu rawan bencana banjir dan tanah longsor karena berada di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan.

Luapan sungai akibat intensitas curah hujan tinggi yang terjadi sejak beberapa hari terakhir dikhawatirkan menimbulkan bencana alam banjir dan tanah longsor.

Oleh sebab itu, ia meminta kepada masyarakat di wilayah itu khususnya yang bermukim di sepanjang DAS untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana alam agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Untuk mengantisipasi banjir dan tanah longsor, kata dia, pihaknya telah mendirikan posko siaga bencana di daerah rawan tersebut agar bencana alam dapat ditanggulangi sedini mungkin.

"Termasuk juga kami telah menyiapkan peralatan penanggulangan bencana alam di setiap posko," ujarnya.