PDAM Tirta Musi Palembang minta masyarakat hemat pemakaian air

id PDAM Tirta Musi Palembang atur jadwal perjam, Palembang sulit air bersih karena kemarau, alasan mengapa air bersih Palem

PDAM Tirta Musi Palembang minta masyarakat hemat pemakaian air

Kantor Utama PDAM Tirta Musi Palembang, Selasa (6/4/2021) (ANTARA/Aziz Munajar)

Sumatera Selatan (ANTARA) -
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang, Sumatera Selatan meminta masyarakat untuk lebih menghemat pemakaian air bersih karena pihaknya terpaksa melakukan pengaliran secara bergilir selama musim kemarau ini.

Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang Andi Wijaya di Palembang, Sabtu, mengatakan pengaliran air diatur hanya berlangsung beberapa jam itu supaya semua masyarakat yang menjadi pelanggan tetap mendapatkan air bersih.

"Selama musim kemarau berdampak penyusutan pada produksi air bersih maka dari itu perlu berhemat air setiap wilayah yang tadinya dialiri air selama 24 jam terpaksa jadi beberapa jam saja," kata dia.

Dia mengatakan selama kemarau debit air yang ada di kolam penampungan saat ini terbatas yaitu hanya mampu memproduksi air bersih sebesar 4.300 liter per detik.

Ditambah lagi permintaan pelanggan sudah lebih besar dari dari kemampuan produksi sehingga semakin sulit untuk mengaliri air ke semua wilayah dalam satu waktu.

Beberapa wilayah seperti Kelurahan Sako, Sukajaya, Kemuning bakal merasakan pengurangan pasokan air dari biasa rutin selama 24 jam dialiri air menjadi hanya berlangsung beberapa jam dalam sehari.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) Birendrajana mengatakan terjadi penyusutan yang tinggi atas muka air Sungai Musi dan anak sungai lainnya selama lebih kurang satu bulan terakhir.

"Selama musim kemarau terjadi penyusutan air yang cukup besar apalagi wilayah curam," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa kondisinya bila suatu wilayah semakin berada di hulu sungai maka akan semakin terlihat penurunannya, bisa mencapai empat meter lebih.

"Terjadi bukan cuma di Sungai Musi dan anak sungainya seperti Sungai Sekanak bahkan sungai besar Sumsel lain seperti Sungai Lematang dan anak sungainya," katanya.