Bupati OKU minta puskesmas maksimalkan dalam penanganan COVID-19

id Fungsi Puskesmas, maksimal menjalankan tugas, penanganan COVID-19, Bupati OKU,Bupati OKU minta puskesmas maksimal,puskes

Bupati OKU minta puskesmas maksimalkan dalam penanganan COVID-19

Pelaksana Harian Bupati OKU, Edward Chandra meninjau kesiapan Puskesmas dalam menangani kasus COVID-19, Kamis. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Pelaksana Harian Bupati Ogan Komering Ulu Edward Chandra meminta seluruh pusat kesehatan masyarakat atau puskesmas di wilayahnya memaksimalkan tugas dan fungsi dalam penanganan COVID-19.

"Karena puskemas merupakan ujung tombak dalam mengendalikan penyebaran virus corona sehingga tugas dan fungsinya harus lebih maskimal," kata Bupati Edward Chandra di Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Kamis.

Dia menegaskan, sebagai ujung tombak tim kesehatan yang bertugas di puskemas dituntut harus selalu siap siaga menghadapi lonjakan kasus COVID-19 mulai dari tingkat bawah.

Setiap warga yang terindikasi terpapar COVID-19 harus mendapat pelayanan terbaik guna mempercepat penyembuhan dari wabah tersebut.

Oleh sebab itu, kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana medis menjadi perhatian Pemkab OKU agar penanganan COVID-19 dapat berjalan maksimal.

"Sejauh ini pelayanan penanganan COVID-19 telah berjalan dengan baik tanpa ada kendala di lapangan," tegasnya.

Menurut Bupati, 18 puskesmas di 13 kecamatan saat ini telah dilengkapi sarana dan prasarana medis yang memadai termasuk menyediakan oksigen dan dosis vaksin Sinovac.

"Pemkab OKU juga akan terus mensuplai kebutuhan terkait penangan COVID-19 di di setiap puskesmas agar tidak menghambat proses pelayanan terhadap masyarakat," ujarnya.