Satgas OKU catat jumlah kasus COVID-19 aktif capai 99 orang

id Kasus aktif, COVID-19, peningkatan kasus, protokol kesehatan, Satgas OKU,Satgas OKU Sumsel catat jumlah kasus COVID-19 a

Satgas OKU  catat jumlah kasus COVID-19 aktif capai 99 orang

Ilustrasi corona virus (ANTARA/HO/21)

Baturaja (ANTARA) - Satgas COVID-19 Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mencatat jumlah kasus aktif hingga saat ini mencapai 99 orang warga di wilayah itu yang menjalani perawatan akibat terpapar virus corona.

"Jumlah kasus COVID-19 aktif terus bertambah hingga hampir menembus 100 kasus," kata Sekretaris Satgas COVID-19 Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristopa di Baturaja, Kamis.

Berdasarkan data per 2 Agustus 2021, total jumlah kasus positif COVID-19 di Kabupaten OKU mencapai 598 orang, 439 sembuh, 60 meninggal dunia dan menyisakan 99 kasus aktif yang masih dalam tahap proses penyembuhan/perawatan.

Dia menjelaskan, lonjakan kasus aktif tersebut mulai menonjol pada pertengahan Agustus 2021 disaat pemerintah mulai menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Namun sayangnya masih banyak masyarakat OKU yang mengabaikan protokol kesehatan sehingga berdampak pada lonjakan kasus aktif karena penyebarannya sulit dikendalikan.

"Banyangkan saja dari 47 kasus aktif pada periode 15 Agustus menjadi 99 kasus. Artinya ada penambahan 52 kasus," katanya.

Berdasarkan hasil traking kontak penambahan kasus aktif ini merupakan klaster lama COVID-19 rata-rata pasien dewasa berusia di atas 18 tahun ke atas yang terpaksa menjalani perawatan di rumah sakit setempat.

Menurut dia, peningkatan kasus positif ini disebabkan karena masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan sehingga penyebarannya sulit dikendalikan.

Oleh sebab itu, ia mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengindari kerumunan dan mengurangi mobilitas berpergian ke luar daerah supaya Kabupaten OKU tidak berstatus zona merah.

Amzar menambahkan, untuk mengantisipasi lonjakan kasus aktif saat ini pihaknya mengoptimalkan kembali Hotel Baturaja sebagai rumah sakit darurat jika kamar hunian di rumah sakit terisi penuh.

"Mudah-mudahan selama PPKM level 3 tidak terjadi lagi lonjakan kasus positif dan diharapkan pasien sembuh terus bertambah sehingga Kabupaten OKU dapat kembali ke zona hijau," harapnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021