Kasus positif COVID-19 di OKU meningkat capai 578 orang

id Kasus positif, COVID-19, pasien sembuh, protokol kesehatan 5 M, Satgas COVID-19 OKU,Kasus positif COVID-19 di OKU Sumsel

Kasus positif COVID-19 di OKU meningkat capai 578 orang

Ilustrasi virus corona. (ANTARA/HO/21)

Baturaja (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan selama beberapa hari terakhir mengalami peningkatan yang signifikan dengan jumlah kasus mencapai 578 orang warga yang terkonfirmasi terpapar virus corona.

Sekretaris Satgas COVID-19 Ogan Komering Ulu (OKU), Amzar Kristopa di Baturaja, Sabtu menjelaskan, berdasarkan data per 29 Juli 2021 jumlah kasus warga yang positif terpapar virus corona mencapai 578 kasus atau meningkat dibandingkan periode 21 Juli 2021 dengan jumlah hanya sebanyak 517 kasus.

"Artinya ada penambahan 61 kasus positif selama delapan hari terakhir," kata Amzar.

Hanya saja, peningkatan kasus positif ini diiringi dengan angka kesembuhan yang juga bertambah sebanyak 37 orang dari 397 kasus kini menjadi 434 kasus dan 56 pasien meninggal dunia akibat terpapar COVID-19.

Menurut dia, peningkatan kasus positif ini disebabkan karena beberapa faktor salah satunya masih banyak masyarakat Kabupaten OKU yang mengabaikan protokol kesehatan sehingga penyebaran COVID-19 sulit dikendalikan.

Oleh sebab itu, pihaknya gencar melakukan razia penegakan protokol kesehatan di sejumlah tempat keramaian seperti pasar guna memastikan masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus corona.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas berpergian ke luar daerah.

"Dengan mematuhi 5 M masyarakat telah berkontribusi membantu pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran COVID-19," tegasnya.