35 pelajar ikut seleksi atlet binaan PPLP Sumatera Selatan

id Atlet Sumsel, pelatihan,Seleksi atlet sumsel PPLP

35 pelajar ikut seleksi atlet binaan PPLP Sumatera Selatan

Sebanyak 35 orang pelajar mengikuti seleksi masuk atlet binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) tahun angkatan 2021 di stadion atletik Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (29/7/2021) (ANTARA/M RIEZKO BIMA ELKO P/21)

Sumatera Selatan (ANTARA) -
Sebanyak 35 orang pelajar mengikuti seleksi masuk atlet binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) angkatan Tahun 2021 di Stadion Atletik Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatera Selatan, Kamis. 


 


Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Selatan Ahmad Yusuf Wibowo di Palembang, Kamis, mengatakan puluhan pelajar tersebut merupakan atlet dari lima cabang olahraga yaitu atletik, anggar, loncat indah, karate, dan angkat besi. Mereka hasil penyaringan dari 17 kabupaten/kota di Sumsel.


 


“Mereka dipersiapkan untuk regenerasi atlet Sumsel yang siap dalam berbagai kejuaraan olahraga nasional dan internasional,” kata dia.


 


Menurutnya, selama beberapa pekan ke depan setiap harinya para calon atlet PPLP angkatan 2021 tersebut mendapatkan porsi penilaian yang berbeda-beda mulai dari fisik, keterampilan, kekompakan, dan wawasan kebangsaan.


 


Sebab untuk lima cabang olahraga tersebut merupakan andalan Sumsel untuk mendulang medali pada kejuaraan bergengsi nasional seperti PON atau Kejurnas sehingga dipastikan calon atlet PPLH akan ditatar secara maksimal.


 


Pelatih memberlakukan penyeleksian yang amat ketat dengan menerapkan sistem degradasi atau sistem gugur supaya tumbuh determinasi dalam proses seleksi para atlet yang akan dipantau perkembangan secara individu atau tim.


 


“Pelatih akan melihat apakah grafik mereka akan meningkat atau tidak, yang standar saja tentu akan tertinggal,” jelasnya.


 


Secara keseluruhan proses seleksi PPLP tidak berbeda tetap dengan menjaga kualitas, namun memang selama pandemi COVID-19 rentang waktu dalam skema pelatihannya diringkas.


 


“Kondisi kesehatan mereka kita jamin sehingga diharapkan mereka bisa fokus dengan mengeluarkan semua kemampuan dalam seleksi ini,” ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021