Klasemen medali Olimpiade Tokyo 2021

id olimpiade tokyo,klasemen medali olimpiade

Klasemen medali Olimpiade Tokyo 2021

Taekwondoin Jepang Takanori Nagase (atas) saat tampil dalam perebutan medali emas kelas +81kg putra Olimpiade Tokyo 2020 melawan wakil Mongolia Saeid Mollaei di Nippon Budokan, Tokyo, Selasa (27/7/2021). (ANTARA/REUTERS/Sergio Perez)

Jakarta (ANTARA) - Kontingen tuan rumah Jepang menjaga posisi mereka di puncak klasemen perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 berkat tambahan dua emas yang diraih lewat cabang olahraga sofbol dan judo pada kompetisi hari Selasa.

Tim sofbol putri Jepang mampu menundukkan Amerika Serikat 2-0 dalam partai final di Stadion Bisbol Yokohama berkat keberhasilan Yamato Fujita mencetak poin pada inning keempat dan Yu Yamamoto inning berikutnya.

Sementara itu, Takanori Nagase meraih emas judo kelas -81kg putra seusai mengalahkan judoka Mongolia Saeid Mollaei setelah satu bantingannya mendapatkan satu poin waza-ari dalam partai final di Nippon Budokan.

Dengan dua tambahan itu, Jepang secara keseluruhan sudah mengumpulkan 10 emas, tiga perak dan lima perunggu.

Kemenangan tim sofbol juga jelas jadi pembeda bagi Jepang atas Amerika yang ada di posisi kedua klasemen dengan raihan sembilan emas, delapan perak dan delapan perunggu.

Sama seperti Jepang, Amerika meraih dua emas tambahan pada Selasa lewat perenang Lydia Jacoby yang memenangi gaya dada 100m putri dan peselancar Carissa Moore yang menjadi kampiun di selancar ombak putri.

Amerika dengan optimisme tinggi untuk memenangi nomor senam indah beregu putri, gagal meraih emas setelah bintang mereka Simone Biles ditarik usai putaran pertama. Tim Paman Sam harus puas dengan medali perak dikalahkan kontingen Rusia (ROC) yang menyabet medali emas.

Itu menjadi satu dari tiga emas tambahan Rusia hari ini, yang membuat mereka menjaga posisi keempat di klasemen dengan total tujuh medali emas, tujuh perak dan empat perunggu.

Sementara tim posisi ketiga, China juga meraih tiga emas tambahan dua lewat cabor menembak dan satu lainnya dari loncat indah sinkronisasi papan 10m putri.

China menempati peringkat ketiga dengan koleksi sembilan emas, lima perak dan tujuh perunggu.

Kontingen Indonesia gagal menambah koleksi satu perak dan satu perunggu yang dimiliki sejak Minggu (25/7), sehingga melorot ke urutan ke-36 bersama Belgia dan Republik Ceko, turun delapan strip dari sehari sebelumnya.

Indonesia bahkan disusul oleh negara kecil persemakmuran Inggris, Bermuda, yang sudah meraih satu medali emas lewat aksi heorik Flora Duffy dalam cabor triatlon putri.



Berikut 10 besar klasemen perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020 hingga Selasa, seturut laman resmi kompetisi: