Tiga pebulu tangkis Indonesia lolos ke perempat final dengan menjuarai grup

id Marcus Fernaldi Gideo/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan,Greysia Polii/Apriyani Rahayu, minions,The

Tiga pebulu tangkis Indonesia lolos ke perempat final dengan menjuarai grup

Ganda putra Indonesia Hendra Setiawan (kanan) dan Mohammad Ahsan mengembalikan kok ke arah ganda putra Korea Solgyu Choi dan Seungjae Seo dalam penyisihan Grup D Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Selasa (27/7/2021). Ahsan dan Hendra berhasil menjadi juara grup D setelah menang 21-12, 19-21, 21-18 atas Solgyu Choi dan Seungjae Seo. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Memasuki hari kelima gelaran Olimpiade Tokyo, tiga wakil Indonesia pada cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 berhasil lolos ke perempat final dengan menjuarai grup.

Ketiganya adalah pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Marcus Fernaldi Gideo/Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Pasangan ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menjuarai grup dengan menumbangkan wakil tuan rumah yang juga merupakan ganda putri peringkat satu dunia Yuki Fukushima/Sayaka Hirota pada laga penyisihan terakhir Grup A Olimpiade Tokyo 2020.

Dalam pertandingan yang bergulir selama 1 jam 21 menit di Lapangan 1 Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Selasa, Greysia/Apriyani yang menempati peringkat keenam dunia itu menang dalam tiga gim dengan hasil akhir 24-22, 13-21, 21-8.

Hasil pertandingan tersebut sekaligus menyempurnakan kemenangan Greysia/Apriyani selama fase penyisihan Grup A Olimpiade Tokyo 2020.

Di nomor ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan menjuarai Grup D seusai mengalahkan Choi Sol Gyu/Seo Seung Jae asal Korea Selatan.

The Daddies keluar sebagai juara Grup D setelah mengemas kemenangan ketiga pada babak penyisihan Olimpiade Tokyo 2020 dan memastikan posisinya di perempat final.

Kesuksesan pasangan peringkat dua dunia ini didapat lewat rubber game sepanjang 53 menit, dengan skor akhir 21-12, 19-21, 21-18 atas Choi Solgyu/Seo Seungjae.

Dengan kemenangan ini, The Daddies menggandakan skor menjadi 2-3 dalam catatan pertemuan dengan Choi/Seo.

Dalam empat pertemuan sebelumnya, The Daddies baru berhasil memetik satu kemenangan atas Choi/Seo yang diraih pada babak semifinal BWF World Tour Finals 2020 di Thailand, Januari lalu.

Pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon juga memastikan diri sebagai juara di Grup A meski dikalahkan Lee Yang/Wang Chi-Lin dari Taiwan dalam pertandingan ketiga babak penyisihan.

Ganda putra yang dijuluki Minions itu mengalami kekalahan pertama di babak penyisihan Grup A Olimpiade Tokyo 2020 setelah ditundukkan oleh wakil Taiwan.

Lee Yang/Wang Chi-Lin menjadi eksekutor bagi Minions dengan skor 21-18, 15-21, 21-17 setelah berjibaku dalam pertandingan ketat selama 51 menit.

Hasil kurang memuaskan ini juga menandai kekalahan pertama Minions dari ganda putra peringkat tiga dunia itu dalam empat pertemuan yang pernah terjadi sejak 2019.

Meski kalah di laga ketiga, namun Minions sudah mengantongi dua kemenangan dari India dan Inggris sehingga memastikan mereka maju ke perempat final sebagai juara grup.

Arif Dwi Pangestu gagal

Di cabang panahan, Arif Dwi Pangestu belum mampu melangkah lebih jauh pada nomor perorangan putra, setelah tersisih di babak eliminasi 32 besar Olimpiade Tokyo.

Bertanding di Yumenoshima Final Field, Selasa, Arif kalah 2-6 dari pemanah Jerman Unruh Florian.

Dari empat set pertandingan, Arif hanya unggul di set kedua. Dia mencatatkan skor 24, 28, 24, 25, sementara Unruh mencetak skor 28, 26, 28, 27.

Dengan tersingkirnya Arif, tim panahan Indonesia kini menyisakan Diananda Choirunisa yang akan bertanding di nomor perorangan putri, serta Riau Ega Salsabilla dan Alviyanto Bagas Prastyadi untuk nomor perorangan putra yang akan tampil pada Kamis (29/7).

Sebelumnya, pada nomor beregu campuran dan beregu putra, para pemanah Indonesia juga tersingkir. 

Tim beregu putra kalah 0-6 dari Inggris Raya di babak eliminasi 16 besar, sedangkan tim beregu campuran yang diwakili Riau Ega Salsabilla dan Diananda Choirunisa terhenti di babak perempat final setelah disingkirkan pasangan Turki, Mete Gazoz/Yasemin Anagoz.

Turun ke peringkat 35

Tidak adanya tambahan medali membuat peringkat Indonesia melorot 11 tingkat 
ke posisi 36 pada klasemen sementara Olimpiade Tokyo 2020.

Sementara di posisi puncak bertengger tuan rumah Jepang yang mengumpulkan 10 emas, 3 perak, dan 5 perunggu.

Amerika Serikat berada di posisi kedua dengan raihan 9 emas, 8 perak, dan 8 perunggu.

Posisi ketiga diduduki China yang meraih sembilan emas, lima perak, dan tujuh perunggu.