Palembang siapkan tambahan lahan pemakaman COVID-19 di TPU Gandus

id Lahan kuburan covid-19,palembang,tpu gandus,info palembang, berita palembang,covid-19,pemakaman covid-19

Palembang siapkan tambahan lahan pemakaman COVID-19 di TPU Gandus

Ilustrasi - Persiapan pemakaman pasien di rumah sakit. (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, berupaya menyiapkan tambahan lahan untuk memakamkan warga kota yang meninggal dunia akibat terinfeksi COVID-19.

Tambahan lahan tersebut disiapkan di areal pemakaman khusus pasien COVID-19 di kawasan tempat pemakaman umum (TPU) Gandus Hill seluas satu hektare, kata Kepala Dinas PRKP Kota Palembang, Affan Prapanca Mahali di Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, lahan TPU Gandus Hill yang dijadikan pemakaman khusus pasien COVID-19 seluas 2 ha, saat ini keterisian lahan tersebut sudah mencapai 70 persen.

Penambahan lahan pemakaman khusus COVID-19 itu dilakukan sebagai antisipasi apabila lahan yang telah digunakan sejak Mei 2020 itu penuh seiring masih tingginya kasus penularan virus Corona di kota ini, katanya.

Pihaknya berupaya melakukan berbagai persiapan untuk membantu pemakaman pasien COVID-19 dengan baik seperti menyediakan lahan dan tenaga penggali.

Tenaga penggali disiapkan empat orang dan ada dua cadangan yang sewaktu-waktu siap diturunkan jika terdapat kasus kematian COVID-19 yang lebih banyak dari kondisi biasanya.

Melalui upaya tersebut diharapkan lahan pemakaman selalu tersedia dan pelayanan pemakaman pasien COVID-19 bisa berjalan dengan baik, ujar Affan.*