Olimpiade Tokyo: Australia cetak rekor dunia, sabet emas estafet 4x100 gaya bebas putri

id Olimpiade Tokyo, Renang Olimpiade 2020,Rekor dunia renang

Olimpiade Tokyo: Australia cetak rekor dunia, sabet emas estafet 4x100 gaya bebas putri

Empat perenang putri Australia; Emma McKeona, Meg Harris, Cate dan Bronte Campbell memecahkan rekor dunia baru dalam nomor 4x100m gaya bebas estafet putri di Tokyo Aquatics Centre, Tokyo, Jepang, 25 Juli 2021. ANTARA/REUTERS/Marko Djurica

Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan tim putri Australia menciptakan rekor dunia dan rekor Olimpiade baru setelah menjuarai 4x100 meter gaya bebas putri di Tokyo Aquatics Centre dalam Olimpiade Tokyo 2020, Minggu.

Tiga medali emas renang dari total empat medali emas yang diperebutkan di kolam renang hari ini jatuh ke tangan Amerika Serikat, Tunisia dan Jepang, seperti dikutip dari Olympics.com. 

Dua bersaudara Bronte dan Cate Campbell, kemudian Emma McKeon dan Meg Harris mempersembahkan medali emas estafet 4x400 meter gaya bebas putri kepada Australia, setelah menjuarai nomor ini dan sekaligus memecahkan rekor dunia sekaligus Olimpiade baru dengan 3 menit 29,69 detik.

Medali perak menjadi milik tim Kanada, sedangkan Amerika Serikat memperoleh medali perunggu.

Namun pada nomor 400m gaya ganti perseorangan putra, perenang Amerika Serikat Chase Kalisz memborong medali emas setelah finis tercepat dengan waktu 4 menit 9,42 detik. Medali perak juga disabet perenang Amerika Serikat lainnya, Jay Litherland, sedangkan medali perunggu menjadi milik perenang Australia Brendon Smith.

Tunisia menerebos dominasi negara-negara elit renang setelah perenang remaja mereka Ahmed Hafnoui menyabet medali emas 400m gaya bebas putra setelah finis tercepat dalam final nomor ini dengan catatan waktu 2 menit 43,36 detik.

Medali perak menjadi milik perenang Australia Jack McLoughlin, sedangkan medali perunggu untuk Kieran Smith dari Amerika Serikat.

Perenang tuan rumah Jepang tak ketinggalan mempersembahkan medali emas dari kolam renang untuk negaranya ketika Yui Ohashi finis tercepat dalam final 400m gaya ganti putri. Dia mencatat waktu 4 menit 2,08 detik.

Sekalipun jauh di bawah rekor dunia dan rekor Olimpiade yang dicetak perenang Hungaria Katinka Hosszu empat tahun lalu dalam Olimpiade Rio 2016, Ohashi tetap yang tercepat dalam nomor ini bahkan Hosszu sendiri hanya bisa finis ururan kelima.

Medali perak dan perunggu nomor ini diborong oleh dua perenang Amerika Serikat, masing-masing Emma Weyant memperoleh medali perak dan Hali Flickinger medali perunggu.