RSUD Ibnu Sutowo Baturaja segera miliki IPAL

id Pembangunan IPAL, pengolahan limbah, limbah medis, RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Bupati OKU

RSUD Ibnu Sutowo Baturaja segera miliki IPAL

Pelaksanaan Harian Bupati OKU, Edward Chandra meninjau pembangunan IPAL RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Sabtu. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan segera memiliki Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) yang dibangun pemerintah daerah setempat pada tahun ini.

"Saat ini pembangunan IPAL sedang dikerjakan dan diharapkan tidak ada kendala sehingga pengerjaannya dapat selesai tepat waktu," kata Pelaksana Harian Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Edward Chandra saat meninjau pembangunan IPAL dan persiapan pemanfaatan gedung baru RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, Sabtu.

Menurut dia, IPAL RSUD Ibnu Sutowo Baturaja tersebut dibangun sesuai standar dan lengkap dengan komponen yang berfungsi untuk mengolah limbah.

"Desain bangunannya canggih sehingga pengolahan limbah dapat lebih maksimal," katanya.

Bupati menjelaskan, IPAL tersebut dibangun untuk mengolah limbah air baik domestik maupun medis sehingga dapat meminimalisir dampak lingkungan, terutama limbah berasal dari laboratorium rumah sakit yang banyak mengandung bahan bahan kimia dan bakteri berbahaya akan dikelola sehingga tidak membahayakan masyarakat.

Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini banyak sekali limbah medis rumah sakit yang belum tertangani secara maksimal.

"Dengan adanya IPAL ini diharapkan tidak ada lagi limbah air ataupun medis yang dibuang di sembarang tempat, apalagi di sungai," katanya.