Rutan Baturaja siapkan ruangan video call

id Fasilitas video call, ruangan khusus, Rutan Baturaja, penitipan barang secara online, warga binaan

Rutan Baturaja siapkan ruangan video call

Kepala Rutan Baturaja Royhan Al Faisal. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyiapkan ruangan khusus dilengkapi fasilitas komputer untuk warga binaan menyapa keluarga melalui video call.

Kepala Rutan Kelas IIB Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU) Royhan Al Faisal didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, Mirullah di Baturaja, Jumat menjelaskan, pihaknya melakukan terobosan baru di tengah pandemi COVID-19 dengan memfasilitasi video call gratis antara narapidana dengan keluarganya di rumah.

Dia menjelaskan, fasilitas ini disediakan untuk warga binaan melepas rindu dengan keluarga mengingat Rutan Baturaja tidak menerima jam kunjungan di masa pandemi.

Oleh sebab itu, untuk sekadar melepas rindu dengan keluarga di rumah warga binaan dapat melakukan panggilan video call di tempat yang telah disediakan.

Di dalam ruangan khusus tersebut, kata dia, pihaknya menyediakan lima unit PC komputer untuk digunakan secara gratis.

"Warga binaan bisa bergantian menggunakan komputer untuk menyapa keluarganya di rumah," ujarnya.

Selain fasilitas tersebut, Rutan Baturaja juga meluncurkan aplikasi penitipan barang untuk warga binaan yang dapat dilakukan secara daring.

Pendaftaran penitipan barang-barang untuk warga binaan melalui antrean daring atau online ini dapat diakses melalui wibsite rutanbaturaja.kemenkumham.go.id.

Pihak keluarga warga binaan bisa mendaftar secara online melalui website Rutan Baturaja dan diberikan waktu keterlambatan selama lima menit.

"Barang atau makanan yang dibawa harus sesuai aturan Standar Operasional Prosedur (SOP) Rutan Baturaja," ujarnya.