Kaylee McKeown fokus cetak rekor dunia, tinggalkan 200m gaya ganti

id Olimpiade Tokyo, Renang Olimpiade,Kaylee McKeown

Kaylee McKeown fokus cetak rekor dunia,  tinggalkan 200m gaya ganti

Kaylee McKeown saat tampil dalam kompetisi uji coba renang Australia untuk Olimpiade Tokyo di SA Aquatic and Leisure Centre, Adelaide, 14 Juni 2021.. (AAPIMAGE via Reuters Connect/DAVE HUNT)

Jakarta (ANTARA) - Sensasi renang Australia Kaylee McKeown memutuskan tidak turun pada nomor 200m gaya ganti perseorangan putri dalam Olimpiade Tokyo demi fokus kepada gaya punggung dan mencetak rekor dunia, kata para pejabat seperti dikutip AFP, Kamis.

Perenang berusia 20 tahun yang memecahkan rekor 100 meter gaya punggung atas nama Regan Smith dari Amerika Serikat bulan lalu itu tahun ini menjadi yang tercepat dalam gaya ganti dan merupakan favorit utama medali emas.

Tetapi setelah pertimbangan selama berbulan-bulan dan mengingat final diadakan pagi hari, maka McKeown dan pelatihnya Chris Mooney menyimpulkan mengikuti nomor itu bakal terlalu berat bagi dia.

"Kami merasa ada bentrok antara heat gaya ganti dengan final 100 gaya punggung pada hari berikutnya bisa menyulitkan dia sehingga kami membuat keputusan itu," kata pelatih kepala Australia Rohan Taylor.

"Anda mempunyai perenang yang perdana masuk Olimpiade, ini pengalaman baru bagi dia dan ini panggilan besar."

Keputusan tidak mengikuti nomor ini yang mengejutkan semua orang tersebut membuka pintu kepada dua perenang Amerika Serikat Madisyn Cox dan Alex Walsh untuk bersaing merebut medali emas.

Sebaliknya, McKeown akan fokus mengikuti 100m dan 200m gaya punggung yang merupakan dua nomor yang bisa memecahkan rekor dunia, selain tampil pada estafet 4x100m gaya ganti.

Dia memecahkan rekor Olimpiade 100m gaya punggung yang dipegang Smith dengan menyentuh waktu 57,45 detik pada uji coba Australia bulan lalu.

McKeown juga mencatat waktu tercepat 200m gaya punggung tahun ini, sedangkan Smith gagal lolos meskipun menjadi pemegang rekor dunia.

Sebaliknya, Rhyan White dan Phoebe Bacon akan berusaha menghentikan McKeown, yang berenang jauh lebih cepat daripada kedua perenang itu sepanjang tahun ini.