Angka kematian pasien COVID-19 di OKU capai 49 orang

id angka kasus kematian,COVID-19, pasien lanjut usia, penyakit bawaan, Satgas COVID-19 OKU

Angka kematian pasien COVID-19 di OKU capai 49 orang

Pemakaman jenazah pasien COVID-19 warga Kabupaten OKU dilakukan dengan standar protokol kesehatan. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Angka kematian pasien akibat COVID-19 di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan per 17 Juli 2021 bertambah dua orang, sehingga total saat ini mencapai 49 orang, kata
Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat Amzar Kristopa.

 "Penambahan kasus tersebut yaitu pasien HA (58) meninggal di Rumah Sakit Darurat Hotel Baturaja pada Jumat (17/7) sekitar pukul 08.00 WIB dan AZ (81) di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja pukul 23.00 WIB," Kata Amzar di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Rabu.

Menurut dia, kasus-kasus meninggal dunia di Kabupaten OKU tersebut mayoritas memiliki penyakit bawaan yang membuat imunitas tubuh pasien tidak dapat melawan COVID-19 meskipun sudah ditangani secara maksimal.

Sejauh ini terdapat beberapa penyakit bawaan ditemukan pada pasien yang meninggal seperti Jantung, diabetes melitus, hipertensi, asma, stroke dan gagal gal.

Oleh karena itu ia meminta masyarakat yang memiliki penyakit bawaan lebih waspada saat beraktivitas, terutama kalangan lanjut usia agar menjaga kontak dengan kalangan usia produktif yang mobilisasinya lebih tinggi.

"Yang pastinya protokol kesehatan 5 M harus dipatuhi agar penyebaran virus corona dapat dikendalikan," katanya.

Berdasarkan data per 17 Juli 2021  jumlah kasus warga Kabupaten OKU yang terkonfirmasi positif COVID-19 berjumlah 490 orang, 389 sembuh, 49 meninggal dunia dan 52 pasien masih menjalani perawatan di beberapa rumah sakit di wilayah itu.