Singapura bikin prangko dengan desain khusus Olimpiade Tokyo

id Olimpiade Tokyo,kontingen Singapura,prangko khusus olimpiade

Singapura bikin prangko dengan desain khusus Olimpiade Tokyo

Seorang perempuan berjalan di bawah payung melintasi papan tanda Olimpiade Tokyo di Tokyo, Jepang, Senin (19/7/2021). ANTARA/REUTERS/Thomas Peter/am.

Jakarta (ANTARA) - Singapore Post Limited (SingPost) bakal meluncurkan prangko dengan desain khusus, menampilkan ilustrasi beberapa cabang olahraga yang diikuti kontingen Singapura di Olimpiade Tokyo, seperti renang, menembak, layar, diving (loncat indah), bulu tangkis, dan tenis meja.

Dilansir situs resmi SingPost, Rabu, prangko akan diluncurkan pada Jumat nanti untuk turut merayakan pembukaan pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.

Prangko tema Olimpiade Tokyo ini akan tersedia di semua kantor pos, toko filateli, dan situs SingPost dengan harga berkisar antara 30 sen hingga 1,40 dolar AS (sekitar Rp 4 ribu-20 ribu).

Singapura akan tampil di Olimpiade untuk kali ke-18 sejak debut 1948. Pada gelaran Olimpiade Tokyo, Negeri Singa akan menurunkan 23 atlet dari 11 cabang olahraga.

Pada Olimpiade sebelumnya di Rio de Janeiro 2016, Singapura membuat sejarah dengan meraih emas pertama dari cabang olahraga renang melalui Joseph Schooling di nomor gaya kupu-kupu 100m putra.

Selain emas, secara keseluruhan Singapura juga telah mengoleksi dua perak dan dua perunggu.

Dua perak masing-masing diraih di Olimpiade Roma 1960 melalui Tan Howe Liang pada cabang olahraga angkat besi nomor 67,5 kg dan tenis meja nomor beregu putri melalui Feng Tianwei, Li Jiawei, Wang Yuegu di Olimpiade Beijing 2008.

Adapun perunggu diraih di Olimpiade London 2012 melalui cabang olahraga tenis meja untuk nomor tunggal putri dan beregu putri.