PTBA salurkan Rp30,5 miliar perangi COVID-19

id PTBA,bukit asam,PTBA BUMN,batubara,donasi COVID-19,COVID-19

PTBA salurkan Rp30,5 miliar perangi COVID-19

Manajemen PT Bukit Asam menyerahkan bantuan alat-alat medis ke RS Lahat, Sumatera Selatan. ANTARA/HO-PTBA/21

Palembang (ANTARA) - PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota BUMN holding industri pertambangan MIND ID mengucurkan bantuan senilai Rp30,5 miliar untuk membantu pemerintah dalam memerangi pandemi COVID-19.

Sekretaris Perusahaan PTBA Apollonius Andwie C di Tanjung Enim, Selasa, mengatakan, sejak awal pandemi PTBA telah menyalurkan Rp23,75 miliar selama tahun 2020 dan Rp6,75 miliar sejak Januari hingga Juni 2021.

Donasi senilai Rp23,75 miliar disalurkan oleh PTBA pada 2020 berupa bantuan alat kesehatan, sosialisasi pencegahan COVID-19, penguatan sarana prasarana kesehatan, partisipasi pada program pencegahan dari stakeholder terkait, hingga penguatan dan pemulihan ekonomi sosial masyarakat akibat dari dampak pandemi melalui program Sentra Industri Bukit Asam (SIBA).

Sementara pada 2021, donasi senilai Rp 6,75 miliar disalurkan berupa alat kesehatan, bahan makanan pokok, donasi tunai, sosialisasi pencegahan COVID-19, dan fasilitas pendukung seperti tempat cuci tangan, ruang isolasi, dan lainnya.

Bantuan ini diprioritaskan untuk warga sekitar area pertambangan PTBA yang berada di Kabupaten Muara Enim, Kota Lahat, Sawahlunto, dan lainnya.

Selain itu, donasi juga disalurkan oleh PTBA untuk warga yang berada di provinsi lainnya di Sumatera melalui penugasan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

PTBA memastikan operasional tambang sampai saat ini masih berjalan dengan disiplin mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Bertepatan dengan Idul Adha 1442 Hijriah, PTBA juga menyalurkan bantuan hewan kurban sebanyak 149 ekor sapi dan 12 ekor kambing, yang disebar ke Tanjung Enim (95 ekor), Palembang (33 ekor), Ombilin (7 ekor), Lampung (8 ekor dan 12 ekor kambing dan Jakarta (6 ekor sapi)

Direktur Utama PTBA Suryo Eko Hadianto mengatakan momen Idul Adha adalah cerminan momen berbagi yang hakiki. Semangat berbagi, menurutnya harus terus diterapkan oleh seluruh insan PTBA di masa-masa penuh tantangan saat ini.

Sebagai perusahaan tambang milik negara yang tengah bertransformasi menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia, sudah menjadi kewajiban PTBA untuk menyejahterakan masyarakat di lingkungan operasional perusahaan.

“Mari, kita saling berbagi dan peduli dengan sesama kita. Semoga Tuhan yang Maha Kuasa, melindungi kita semua, keluarga kita tercinta dan Bangsa Indonesia untuk segera pulih dari pandemi ini,” kata dia.