Kabupaten Musi Banyuasin prioritaskan warga isolasi mandiri terima daging kurban

id Idul Adha,hewan kurban,musi banyuasin,kabupaten Muba,isolasi mandiri,Musi Banyuasin prioritaskan warga isolasi mandiri,dodi reza,bupati muba,isoman

Kabupaten Musi Banyuasin prioritaskan warga isolasi mandiri terima daging kurban

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex menyerahkan hewan kurban ke Lapas Sekayu di Sekayu, Senin (19/7). (ANTARA/HO-Pemkab Muba/21)

Sekayu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin memprioritaskan warga yang sedang menjalani isolasi mandiri COVID-19 dan yang tak mampu untuk menerima daging kurban perayaan Idul Adha 1442 H.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin Di Sekayu, Senin, mengatakan, sebanyak 55 ekor sapi akan disebar ke warga Muba, Selasa (20/7), melalui

Ikatan Keluarga Muba (IKAMUBA) dan lembaga sosial kemasyarakatan lainnya.

Dari total 55 ekor sapi hewan kurban Pemkab Muba itu, 40 ekor berasal dari hewan kurban bupati, wakil bupati, sekretaris daerah serta Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Muba, dan 15 ekor sapi dari perusahaan disebar ke kecamatan.

Selain itu juga diberikan ke organisasi, panti asuhan, pondok pesantren dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Muba, Lapas Kelas II B Sekayu, dan pasien isolasi mandiri.

Baca juga: Dodi Reza arahkan warga Muba gunakan daun pisang bungkus daging kurban

Baca juga: Begini cara penyembelihan hewan kurban selama pandemi COVID-19


Berdasarkan data yang diperoleh pemkab diketahui sebanyak 70 warga kurang mampu sedang menjalankan isolasi mandiri.

Dalam masa pandemi ini, ia menghimbau kepada seluruh panitia pemotongan hewan kurban di Muba untuk membagikan daging kurban nantinya door to door ke rumah warga yang berhak mendapatkan.

"Jadi warga tidak disuruh ngumpul, daging kurban nantinya akan diantar langsung oleh panitia kurban,” kata dia.

Selain itu untuk wadah daging kurban juga akan menggunakan pelepah pinang, daun jati, dan daun pisang untuk upaya menekan penggunaan sampah plastik.

Demi menekan penyebaran COVID-19, Dodi meminta warga untuk melaksanakan shalat Idul Adha di rumah masing-masing.

Kepala Lapas Kelas II B Sekayu Jhony H Gultom yang hadir langsung pada penyerahan hewan qurban tersebut menyampaikan terima kasih atas kepedulian Pemkab Muba kepada Lapas Sekayu.

"Hewan ini akan kami sembelih setelah pelaksanaan shalat Idul Adha. Kemudian dagingnya akan kami serahkan ke dapur Lapas untuk diolah dan dibagikan kepada seluruh warga binaan kami," ujar dia.

Baca juga: MUI imbau masyarakat potong hewan kurban di RPH
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar