Sumsel optimalisasi lahan tingkatkan produksi padi

id optimalisasi lahan pertanian, intensifikasi,optimalisasi dan intensifik,Pemprov Sumsel,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Sumsel optimalisasi lahan tingkatkan  produksi padi

Lahan pertanian di Sumsel (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera pada 2021 ini berupaya melakukan program optimalisasi dan intensifikasi lahan pertanian untuk meningkatkan produksi padi dan tanaman pangan lainnya.

Produksi lahan pertanian di sejumlah sentra produksi dalam provinsi setempat sekarang ini baru mencapai 2,7 juta ton gabah kering giling (GKG) dengan program tersebut ditargetkan mencapai 5,1 juta ton GKG, kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumsel, Bambang Pramono di Palembang, Kamis.

Baca juga: Nilai tukar petani padi Sumsel mulai membaik

Dia menjelaskan, program optimalisasi lahan pertanian difokuskan di sentra produksi pertanian Kabupaten Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, dan Kabupaten Muara Enim sekitar 50 ribu hektare.

Sedangkan program intensifikasi lahan pertanian difokuskan di sentra produksi pertanian seperti Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, dan OKU Selatan seluas 25 ribu ha.

Baca juga: Banyuasin siapkan lahan 118 hektare dukung program food estate

Untuk menjalankan program tersebut akan didukung dengan perbaikan tanggul saluran air, membuat pintu air, pengadaan pompa, membangun jalan dan jembatan.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan melibatkan jajaran Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumsel dan kabupaten serta anggota TNI.

Baca juga: Presiden pastikan produksi padi penuhi kebutuhan masyarakat

Sementara mengenai dana pelaksanaan program optimalisasi dan intensifikasi lahan pertanian didukung pemerintah pusat.

Dukungan dana Kementerian Pertanian untuk program optimalisasi lahan mencapai Rp306 miliar dan intensifikasi lahan mencapai Rp152 miliar, ujar Bambang.