Kodim 0403 ajak masyarakat di OKU Raya divaksin COVID-19

id Vaksin massal, masyarakat umum, siapkan tenaga vaksinator, Kodim 0403 OKU, COVID-19

Kodim 0403 ajak masyarakat di OKU  Raya divaksin COVID-19

Warga Baturaja OKU antusias ikuti vaksinasi massal di Pemkab OKU, Selasa (13/7/2021) ANTARA/Edo Purmana

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Kodim 0403 Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengajak masyarakat di OKU Raya untuk disuntik vaksin COVID-19 secara gratis melalui Program Serbuan Vaksinasi Nasional guna memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Vaksin massal dalam Program Serbuan Vaksinasi Nasional wilayah Kodim 0403/OKU ini diperuntukan bagi masyarakat di OKU Raya meliputi, OKU Induk, OKU Timur dan OKU Selatan yang digelar secara gratis," ujar Dandim 0403 Ogan Komering Ulu (OKU), Letkol Arh Tan Kurniawan di Baturaja, Selasa.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya menyiapkan sebanyak 350 vial atau 3.500 dosis vaksin Sinovac diperuntukkan bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas, pelayanan publik dan termasuk juga lansia di OKU Raya untuk divaksin tahap pertama.

Dia menjelaskan, sesuai jadwal pelaksanaan vaksinasi massal ini selama enam hari di tempat berbeda dengan target sebanyak 3.500 masyarakat di OKU Raya yang akan divaksin agar terhindar dari penyebaran virus corona.

Adapun tempat pelayanan vaksin meliputi Markas Kodim 0403 OKU, Pemkab OKU, PT Semen Baturaja, wilayah Kabupaten OKU Timur, Yonarmed 15/105 Tarik Martapura dan OKU Selatan.

"Untuk hari ini vaksinasi massal dilaksanakan di Pemkab OKU yang diikuti sekitar 700 orang warga," katanya.

Serbuan vaksinasi nasional ini melibatkan 17 orang tenaga vaksinator mulai dari dokter, perawat dan bidan serta dibantu 29 orang personel Kodim setempat agar pelaksanaan vaksin berjalan maksimal.

"Kami juga menginstruksikan Danramil dan Babinsa agar mengerahkan dan memobilisasi warganya di wilayah masing-masing untuk datang ke tempat pelayanan vaksin ini," tegasnya.

Sementara itu, vaksinasi massal itu sendiri mendapat sambutan masyarakat Kabupaten OKU yang antusias antre di Pemkab OKU untuk mendapat suntikan vaksin tahap pertama.

"Kegiatan ini sangat membantu sekali. Apalagi sekarang persediaan dosis vaksin di Puskesmas sangat terbatas sehingga saya rela antre," kata Wiwin salah seorang warga Baturaja, Kabupaten OKU menambahkan.