Kabar duka dari Rejang Lebong, seorang tenaga kesehatan meninggal akibat COVID-19

id Rejang Lebong ,tenaga kesehatan ,COVID-19,RSUD Curup

Kabar duka dari Rejang Lebong, seorang tenaga kesehatan meninggal akibat COVID-19

Jenazah tenaga kesehatan RSUD Curup Kabupaten Rejang Lebong dishalatkan di atas ambulans sebelum dimakamkan dengan protokol kesehatan, Senin (12/7/2021) ANTARA/HO-RSUD Curup

Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Seorang tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di RSUD Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu dinyatakan meninggal dunia akibat terkonfirmasi positif COVID-19.

Direktur RSUD Curup, Samiri di Rejang Lebong, Senin, mengatakan nakes yang meninggal tersebut ialah NA berjenis kelamin perempuan berumur 35 tahun yang kesehariannya bertugas sebagai kepala ruang anak RSUD Curup.

"Almarhumah ini meninggal dunia saat tengah menjalani perawatan di RS Ar Bunda Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan. Saya mendapat informasi pertama kali yang menyebutkan dia meninggal dunia Senin pagi sekitar pukul 03.55 WIB," kata dia.

Dia menjelaskan, setelah menerima kabar stafnya di RSUD Curup ini meninggal dunia kemudian langsung melaporkannya kepada sejumlah pihak termasuk dengan Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi, selanjutnya langsung melakukan penjemputan jenazah di Kota Lubuklinggau.

Stafnya yang meninggal tersebut kata dia, diketahui tengah hamil anak keempat dengan usia kehamilan 37 minggu, di mana telah menjalani perawatan di RS Ar Bunda Kota Lubuklinggau sejak 7 Juli setelah sehari sebelumnya dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 melalui tes swab antigen.

"Yang bersangkutan ini merupakan tenaga kesehatan pertama di RSUD Curup yang meninggal dunia karena COVID-19. Terkait dengan penularannya saat ini masih dalam penelusuran, karena dia selama ini bertugas sebagai kepala ruang anak, bukan petugas yang menangani pasien COVID-19," terangnya.

Selain ada satu nakes yang bertugas di RSUD Curup yang meninggal dunia akibat terpapar COVID-19, tambah dia, beberapa hari sebelumnya isteri dari tenaga perawat di tempat itu juga dinyatakan meninggal dunia akibat terinfeksi virus mematikan ini sehingga sejak kemarin pihaknya mengibarkan bendera setengah tiang.

Pelepasan jenazah nakes RSUD Curup itu sendiri dilaksanakan dalam acara apel khusus yang digelar manajemen RSUD Curup dengan dihadiri langsung oleh Bupati Syamsul Effendi bersama Wabup Hendra Wahyudiansyah, para kepala FKPD serta ratusan pegawai RSUD Curup.

Sebelum diberangkatkan ke pemakaman TPU Desa Kesambe Lama, Kecamatan Curup Timur sekitar pukul 09.30 WIB dengan protokol kesehatan, almarhumah dishalatkan oleh rekan-rekannya yang bertugas di RSUD Curup.

Sementara itu, data dari Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Rejang Lebong menyebutkan jumlah warga daerah itu yang dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19 terhitung sejak Juni 2020 hingga saat ini mencapai 1.453 kasus, di mana sebanyak 1.357 kasus dinyatakan sembuh, 31 kasus meninggal dunia dan 65 kasus masih dalam pengawasan.