Piala AFC 2021 berpotensi lanjut tanpa Bali United dan Persipura

id piala afc,persipura,bali united,afc

Piala AFC 2021 berpotensi  lanjut tanpa Bali United dan Persipura

Ilustrasi: Pesepak bola Boaz Solossa (tengah) mengikuti latihan di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Rabu (21/4/2021). Latihan tersebut sebagai persiapan jelang Piala AFC 2021 dan Liga 1 2021. ANTARA FOTO/Indrayadi TH/hp.

Jakarta (ANTARA) - Piala AFC 2021 berpotensi dilanjutkan tanpa klub-klub dari Asia Tenggara, termasuk Bali United dan Persipura, bila pandemi COVID-19 membuat pertandingan zona ASEAN tidak dapat dilaksanakan.

Dikutip dari laman Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Jakarta, Senin, keputusan itu diambil Komite Eksekutif AFC berdasarkan rekomendasi dari Komite Kompetisi.

"Diputuskan bahwa kompetisi akan terus dilanjutkan dengan sebanyak mungkin laga dari fase grup yang telah berlangsung. Bersamaan dengan itu, pertandingan yang tidak dapat digelar pada setiap fase lantaran peningkatan kasus COVID-19 akan dibatalkan dan dinyatakan sebagai keadaan kahar (force majeure)," tulis AFC.

Di Piala AFC 2021, negara-negara Asia Tenggara yang masuk Zona ASEAN berada di Grup G, H dan I. Wakil Indonesia yaitu Bali United serta Persipura masing-masing menghuni Grup G dan H.

Rencana awal, laga di tiga grup tersebut dimulai pada 29 Juni sampai 6 Juli 2021.

Namun, sampai berita ini diturunkan, belum ada pertandingan Grup G, H dan I yang bergulir karena tidak ada negara yang siap menjadi tuan rumah seiring perjuangan masyarakat kawasan Asia Tenggara melawan penambahan kasus COVID-19.

Sebaliknya, fase grup Zona Asia Barat, Asia Tengah dan Asia Timur sudah tuntas dilaksanakan.

Sementara untuk Grup D yang masuk Zona Asia Selatan akan digelar mulai pertengahan Agustus 2021.

AFC menegaskan bahwa Piala AFC 2021 akan berjalan dengan partai final digelar pada 5 November 2021.