Mazepin dan Latifi diganjar penalti poin karena abaikan bendera kuning

id formula1,formula one,grand prix austria,nikita mazepin,nicholas latifi,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Mazepin dan Latifi diganjar penalti poin karena  abaikan bendera kuning

Pebalap tim Haas Nikita Mazepin di Grand Prix Styria, Red Bull Ring, Spielberg, Austria. (24/6/2021) (ANTARA/REUTERS/Leonhard Foeger)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap rookie asal Rusia Nikita Mazepin dan pebalap Kanada Nicholas Latifi diganjar penalti tiga poin di Formula 1 pada Minggu setelah mengabaikan tanda bendera kuning yang dikibarkan dua kali di Grand Prix Austria.

Mazepin, yang belum mencetak satu poin pun membela tim papan bawah Haas, sekarang telah mengantongi lima poin penalti dari sembilan balapan.

Apabila pebalap mengoleksi 12 poin penalti dalam periode 12 bulan, maka ia dilarang tampil untuk satu balapan. Latifi yang membalap untuk tim Williams mendapat enam poin penalti.

Baik Latifi maupun Mazepin, yang finis terakhir, juga diganjar penalti 30 detik di Austria. 

Enam pebalap lain dipanggil menghadap steward setelah balapan di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg hari itu namun terbebas dari hukuman.

Sedangkan pebalap Alfa Romeo Kimi Raikkonen mendapat penalti dua poin karena menyebabkan tabrakan dengan mobil Aston Martin Sebastian Vettel sehingga menyebabkan bendera kuning dikibarkan karena kedua mobil terjebak di gravel di pengujung lomba.

Sang pebalap Finlandia kini memiliki total enam poin, demikian Reuters.