Shin Tae-yong kini akui berobat di Korsel

id shin taeyong,timnas indonesia,pssi

Shin Tae-yong kini akui berobat  di Korsel

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong memberikan keterangan mengenai kabar terkini skuadnya di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/5/2021) malam. (ANTARA/Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong kini mengakui dirinya menjalani pengobatan dan pengecekan kesehatan di negara asalnya, Korea Selatan.

Dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Jumat, pernyataan terkini Shin sekaligus menyanggah pemberitaan media-media Korsel yang menyebut bahwa dirinya dalam keadaan sehat dan kembali ke kampung halaman hanya untuk menghindari lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia.

"Saya minta izin kepada Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk pulang ke Korsel dengan mempertimbangkan efek COVID-19 yang pernah saya alami. Saya akan berobat dan check up di Korea Selatan," ujar juru taktik berusia 50 tahun itu.

Shin menambahkan, dirinya dan PSSI sudah berkoordinasi terkait kegiatannya di Negeri Ginseng.

Hasil diskusi tersebut juga menghasilkan kebijakan bahwa pemusatan latihan (TC) tim nasional U-18 ditunda lantaran kasus positif COVID-19 di Tanah Air terus meninggi.

TC persiapan Piala Dunia U-20 tahun 2023 tersebut rencananya bergulir pada 28 Juni-15 Juli 2021 di Jakarta dan diikuti 144 pemain.

"Setelah berkoordinasi dengan PSSI dan melihat pandemi COVID-19 yang sedang tinggi di Jakarta tentu tidak memungkinkan digelarnya pemusatan latihan Timnas. Begitu selesai melakukan pengobatan tentu saya akan segera kembali ke Indonesia," tutur Shin.

Selain Shin, empat asisten pelatih yakni Choi In-cheul, Kim Woo-jae, Kim Hae-won dan Lee Jae-hong turut serta kembali ke Korea Selatan.

Sebelumnya, dikutip dari Kantor Berita Korea Selatan Yonhap pada Selasa (29/6), Shin menyatakan bahwa dirinya dalam keadaan sehat dan terbang ke Korsel untuk menjauh dari kondisi pandemi COVID-19 yang memburuk di Indonesia.

Pernyataan tersebut bertolak belakang dengan keterangan resmi PSSI sehari sebelumnya, Senin (28/6), yang mengabarkan bahwa Shin ke Korsel untuk berobat. Namun, kini Shin mengakui bahwa dirinya ke Korsel untuk mengurus kesehatannya.

Seperti diketahui, pada Maret 2021, Shin sempat diterbangkan dengan pesawat khusus ke Korea Selatan lantaran mengidap COVID-19 dan penyakit penyertanya.

Pada sisa tahun 2021, timnas Indonesia akan mengikuti beberapa turnamen internasional seperti babak 'play-off' Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 7 September dan 12 Oktober 2021 melawan Taiwan.

Setelah itu, skuad Garuda akan melangkah ke SEA Games 2021 dan Piala AFF.