Ringkasan Grup E: Spanyol hanya jadi runner-up di bawah Swedia

id euro 2020,timnas swedia,timnas spanyol,timnas slovakia,timnas polandia,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Ringkasan Grup E: Spanyol hanya jadi  runner-up di bawah Swedia

Kapten tim nasional Spanyol Sergio Busquets (kanan) bersama Koke menyampaikan terima kasih kepada para suporter di Stadion La Cartuja, Sevilla, Spanyol, seusai mengalahkan Slovakia 5-0 dalam laga pemungkas Grup E Euro 2020 pada Rabu(23/6/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Javier Soriano)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Spanyol yang memasuki babak utama Euro 2020 sebagai salah satu unggulan turnamen, hanya berakhir menjadi runner-up klasemen akhir Grup E di bawah Swedia.

Swedia yang menjadi lawan Spanyol di pertandingan pembuka Grup E, mampu menjinakkan Tim Matador untuk memetik satu poin penting setelah bermain imbang 0-0 di Sevilla pada Senin (14/6).

Hasil itu membuat Slovakia sempat dihinggapi harapan besar lantaran mampu mengalahkan Polandia 2-1 dalam laga lebih awal di Saint Petersburg.

Baca juga: Ringkasan Grup F: tim-tim unggulan grup neraka tetap melaju

Modal satu poin lawan Spanyol menjadi suntikan kepercayaan diri yang besar bagi Swedia untuk mengambil alih posisi puncak sementara dari Slovakia yang mereka kalahkan 1-0 di Saint Petersburg pada Jumat (18/6).

Sehari berselang, ketumpulan Spanyol berlanjut ketika mereka ditahan imbang 1-1 oleh Polandia di Sevilla, setelah Gerard Moreno membuang sia-sia eksekusi penalti.

Spanyol sepertinya berada di ujung tanduk, tapi kesuburan mereka tiba-tiba merekah begitu deras di laga pemungkas melawan Slovakia di mana mereka menang telak 5-0 di Sevilla pada Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Baca juga: Euro 2021: Spanyol libas Slovakia 5-0 menuju babak 16 besar

Berbarengan dengan itu, di Saint Petersburg Polandia sempat mampu menyamakan kedudukan kontra Swedia, yang membuat Spanyol mengambil alih posisi puncak.

Namun, sebuah gol dramatis dicetak oleh Viktor Claesson untuk mengunci kemenangan 3-2 bagi Swedia atas Polandia.

Dengan demikian, Swedia berakhir menjadi juara Grup E dengan raihan tujuh poin, unggul dua poin atas Spanyol yang berada di posisi kedua.

Keduanya lolos ke babak 16 besar, di mana Swedia akan bertemu Republik Ceko dan Spanyol menghadapi Kroasia.

Sementara itu, kekalahan telak dari Spanyol menguapkan asa Slovakia untuk lolos ke babak 16 besar lewat jalur peringkat ketiga terbaik. Raihan tiga poin dan selisih gol defisit lima justru membuat mereka memesan tiket pulang bersama Polandia yang jadi juru kunci klasemen Grup E.

Baca juga: Euro 2020: Alami cedera, Belanda memastikan tanpa Luuk de Jong

Berikut hasil lengkap pertandingan Grup E:

Polandia 1 - Slovakia 2 (Karol Linetty 46'; Wojciech Szczesny bd-18', Milan Skriniar 69')
Spanyol 0 - Swedia 0
Swedia 1 - Slovakia 0 (Emil Forsberg p-77')
Spanyol 1 - Polandia 1 (Alvaro Morata 25'; Robert Lewandowski 54')
Slovakia 0 - Spanyol 5 (Martin Dubravka bd-30', Aymeric Laporte 45+3', Pablo Sarabia 56', Ferran Torres 67', Juraj Kucka bd-71')
Swedia 3 - Polandia 2 (Emil Forsberg 2', 59', Viktor Claesson 90+3'; Robert Lewandowski 62', 84')

Klasemen akhir Grup E