Devin Booker antar Suns bekuk Clippers di gim pertama final Barat

id nba,phoenix suns,los angeles clippers,devin booker,deandre ayton,paul george,reggie jackson,berita sumsel, berita palembang, palembang hari ini

Devin Booker antar Suns bekuk Clippers di gim  pertama final Barat

Bintang Phoenix Suns Devin Booker (tengah) merebut penguasaan bola di antara dua pemain Los Angeles Clippers Rajon Rondo (kiri) dan Patrick Beverley dalam gim pertama final Wilayah Barat NBA di PHX Arena, Arizona, Amerika Serikat, Minggu (20/6/2021) waktu setempat. (ANTARA/AFP/GETTY IMAGES/Christian Petersen)

Jakarta (ANTARA) - Raihan triganda yang dibukukan Devin Booker mengantarkan Phoenix Suns membekuk Los Angeles Clippers dengan skor 120-114 dalam gim pertama final Wilayah Barat NBA di PHX Arena, Arizona, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Booker mengemas 40 poin, 13 rebound dan 11 assist untuk Suns, menutupi absennya Chris Paul yang tengah menjalani karantina COVID-19.

Booker mendapat bantuan 20 poin dan sembilan rebound dari Deandre Ayton serta Mikal Bridges yang mencetak 14 poin, Jae Crowder 13 poin dan Cameron Payne 11 poin.

Di kubu Clippers hanya tiga pemain yang mencetak dua digit poin yakni Paul George (34), Reggie Jackson (24) dan DeMarcus Cousins (11), di tengah absennya Kawhi Leonard yang cedera, demikian catatan laman resmi NBA.

Baca juga: Giannis Antetokounmpo akhirnya bawa Bucks ke final Wilayah Timur

Pertandingan relatif berimbang dalam dua kuarter pertama di mana kedua tim 18 kali bergantian memimpin hingga jum shot Booker membawa Suns menutup paruh pertama dengan keunggulan 57-54 atas Clippers.

Dua lemparan bebas Booker sempat membuat Suns menjauh 76-68 pada sisa waktu tujuh menit 13 detik kuarter ketiga, tapi perlahan-lahan Clippers mampu mengejar ketertinggalan.

Tripoin Jackson tak sampai dua menit berselang membawa Clippers berbalik memimpin 79-78, tapi kuarter ketiga berakhir dalam situasi imbang 93-93 ketika George melesakkan tembakan tiga angka.

Baca juga: Rebut gim keenam dari Jazz, Clippers ke final Wilayah Barat

Booker sukses menceploskan tembakan dari luar busur saat kuarter pemungkas baru berlangsung semenit lebih demi membawa Suns memimpin 98-95 dan sejak itu keunggulan tidak pernah lagi pindah.

Terance Mann sempat membawa Clippers mendekat 114-116 lewat tripoin pada sisa waktu 22 detik, tapi Suns segera mengambil time-out dan Booker melesakkan satu layup serta dua lemparan bebas untuk mengunci kemenangan 120-114.

Suns akan kembali menjamu Clippers di PHX Arena untuk gim kedua final Barat pada Selasa (22/6) waktu setempat (Rabu WIB).