Denmark sementara unggul 1-0 atas Belgia dalam laga dihentikan sejenak demi Eriksen

id Piala Eropa 2020, Denmark vs Belgia,Yussuf Poulsen

Denmark sementara unggul 1-0 atas Belgia dalam laga dihentikan sejenak demi Eriksen

Striker Denmark Yussuf Poulsen dan rekan-rekan satu timnya merayakan gol yang mengantarkan Denmark unggul 1-0 pada babak pertama pertandingan melawan Belgia dalam Grup B UEFA EURO 2020 di Stadion Parken di Kopenhagen pada 17 Juni 2021. (AFP/STUART FRANKLIN)

Jakarta (ANTARA) - Denmark untuk sementara memimpin 1-0 atas Belgia dalam babak pertama pertandingan kedua negara dalam Grup B Euro 2020 di Stadion Parken, Kopenhagen, Denmark, Kamis malam.

Kurang dari dua menit pertandingan ini setelah kickoff Denmark langsung mencetak gol setelah Jason Denayer kehilangan bola di daerah pertahanan sendiri.

Bola lalu diolah pemain-pemain Denmark yang berakhir dengan permainan satu dua Pierre-Emile Hojbjerg dan bermain satu dua dengan Yussuf Poulsen yang diakhiri Poulsen dengan tembakan menyusur dari kanan gawang yang gagal disentuh kiper Thibaut Courtois.

Denmark dan Belgia menghentikan pertandingan Grup B Euro 2020 mereka untuk aplaus satu menit untuk menghormati gelandang Denmark Christian Eriksen yang mengalami serangan jantung saat laga perdana Denmark melawan Finlandia di Stadion Parken.

Ketika jam pertandingan di stadion itu menunjukkan waktu 10 menit, yang merupakan angka nomor kostum Eriksen, pemain Belgia Dries Mertens menghentikan permainan dan para pemain aplaus ketika pendukung Denmark membentangkan spanduk bertuliskan "Semua orang Denmark bersamamu Christian".

Eriksen sedang memulihkan diri di rumah sakit terdekat dan akan dipasangi implan cardioverter defibrillator (ICD) untuk membantu detak jantungnya. Dia kemungkinan besar tidak bisa meneruskan turnamen ini.

Tumbangnya Eriksen mengejutkan jutaan pemirsa di seluruh dunia. Pertandingan melawan Finlandia sempat dihentikan dan ketika akhirnya dilanjutkan Denmark kalah 1-0.

Suporter berbaju merah-putih di antara 25.000 penonton Kamis malam ini memberikan sambutan hangat kepada para pemain Denmark saat keluar sebelum pertandingan mulai dan suporter Belgia mengangkat spanduk bertuliskan "Belgia mencintaimu Christian" sebelum kickoff.

Tampilan itu dipuncaki ketika kostum raksasa Denmark yang menampilkan nama dan nomor punggung Eriksen tersingkap selama seremoni pembukaan laga di tengah sorak-sorai penonton yang diikuti nyanyian lagu "You'll Never Walk Alone".

Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Denmark yang penuh semangat sebelum kapten tim Denmark Simon Kjaer dihadiahi kostum Belgia yang menampilkan nama dan nomor Eriksen oleh Jan Verthongen.

Pada babak pertama ini, Belgia tak biasanya tampil di bawah form dengan hanya melepaskan satu percobaan gol, sebaliknya membuat 9 percobaan hol yang salah satunya menemui sasaran dan menjadi gol.

 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021