Puluhan rumah di Martapura Barat alami kerusakan diterjang puting beliung

id Putin beliung,rumah diterjang puting beliung,martapura barat diterjang puting beliung

Puluhan rumah di Martapura Barat alami kerusakan diterjang puting beliung

Satu unit rumah dari puluhan rumah yang rusak berat di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat yang rusak akibat diterjang puting beliung, Jumat petang. (Antaranews Kalsel/Istimewa)

Martapura (ANTARA) - Puluhan unit rumah yang tersebar di sejumlah titik di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan rusak akibat diterjang tiupan angin kencang atau puting beliung yang melanda, Jumat petang.

Pelaksana Tugas Camat Martapura Barat Ahmad Rabbani dihubungi, Jumat malam mengatakan, musibah akibat fenomena alam itu, terjadi sekitar pukul 17:30 Wita membuat puluhan rumah rusak berat dan ringan.

"Rumah di Desa Penggalaman yang rusak baik berat, ringan maupun rusak sedang ada 26 unit terdiri dari 15 buah rusak berat, lima yang rusak sedang dan enam rusak ringan," ujar dia melalui sambungan telepon.

Disebutkan, selain Desa Penggalaman, puting beliung menerjang dua desa lainnya yakni Keliling Benteng Tengah dua buah rumah, satu rusak ringan, satu rusak berat serta di Desa Keliling Benteng Ulu satu buah rusak berat.

"Kejadiannya berlangsung sekitar 30 menit hingga satu jam diawali hujan cukup lebat disertai tiupan angin kencang yang merusak bangunan dan rumah-rumah warga yang menjadi jalur lintasan angin," ucapnya.

Dikatakan dia, pihaknya dibantu aparatur desa masih melakukan pendataan warga yang menjadi korban, dimana untuk sementara mereka mengungsi ke musala maupun tinggal sementara di tempat keluarga.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjar Irwan Kumar dihubungi terpisah mengatakan, pihaknya langsung turun lapangan ke lokasi untuk mengirimkan tenda dan makanan bagi pengungsi di tempat bencana tersebut.

"Satu unit tenda besar yang cukup menampung beberapa kepala keluarga sudak dikirim agar korban bencana bisa tinggal sementara," ujar Kumar seraya menyebut Bupati Banjar Saidi Mansyur rencananya mengunjungi lokasi bencana, Sabtu besok.