Festival Film Cannes umumkan rangkaian film seleksi resmi 2021

id cannes,festival film cannes,cannes 2021,the french dispatch,french dispatch,timothee chalamet,adam driver,berita sumsel, berita palembang, antara pale

Festival Film Cannes umumkan rangkaian film  seleksi resmi 2021

"The French Dispatch" (2021). (Fox Searchlight)

Jakarta (ANTARA) - Festival Film Internasional Cannes (Festival de Cannes) telah mengumumkan rangkaian (lineup) untuk seleksi resmi, termasuk untuk bagian Competition dan Un Certain Regard, serta pemutaran khusus, untuk festival edisi ke-74 di tahun 2021.

Melansir Mubi, Jumat, sejumlah film yang diantisipasi para penikmatnya akan tayang dan bersaing di kategori Competition, termasuk film terbaru sineas Wes Anderson "The French Dispatch" yang bertabur bintang.

"The French Dispatch" menceritakan staf editorial sebuah surat kabar memutuskan untuk menerbitkan edisi peringatan terakhir yang menyoroti tiga cerita terbaik yang muncul selama sepuluh tahun keberadaan majalah tersebut, pada hari kematian pemimpin redaksinya. Kisah-kisah tersebut melibatkan seorang seniman yang dijatuhi hukuman penjara seumur hidup; kerusuhan mahasiswa, dan penculikan.

Lebih lanjut, ada juga film "Annette" karya Leos Carax, menceritakan kehidupan glamor seorang komedian stand-up yang provokatif dan penyanyi sopran terkenal di dunia berubah secara tak terduga ketika putri mereka—Annette dilahirkan dengan bakat unik.

Film lain yang banyak dinanti adalah "Benedetta" dari Paul Verhoeven, yang berada di latar akhir abad ke-17 dan terinspirasi oleh peristiwa nyata. "Benedetta" mengikuti seorang wanita muda yang bergabung dengan sebuah biara di Pescia, Tuscany ketika wabah merusak tanah yang mengelilinginya. Mampu melakukan keajaiban sejak usia dini, Benedetta berdampak pada kehidupan di masyarakat langsung dan penting.

Selanjutnya ada karya dari sineas Thailand Apichatpong Weerasethakul, "Memoria". Menceritakan seorang petani anggrek mengunjungi saudara perempuannya yang sakit di Bogota. Saat berada di sana, dia berteman dengan seorang arkeolog Prancis yang bertugas memantau proyek konstruksi dan seorang musisi muda. Setiap malam, dia terganggu oleh poni yang semakin keras yang mencegahnya untuk tidur.

Film fitur dari aktor pemenang Oscar Sean Penn, "Flag Day", juga akan bersaing pada kompetisi tahun ini. Film ini mengisahkan seorang ayah yang menjalani kehidupan ganda sebagai pemalsu, perampok bank, dan penipu untuk menafkahi putrinya.

Ada pun film-film lain yang bersaing di rubrik Competition Cannes 2021. Film-film tersebut adalah "Paris, 13th District" (Jacques Audiard), "Casablanca Beats" (Nabil Ayouch), "Red Rocket" (Sean Baker), "La fracture" (Catherine Corsini), "Titane" (Julia Ducournau), "On a Half Clear Morning" (Bruno Dumont), dan "The Story of My Wife" (Ildikó Enyedi).

Lebih lanjut, ada "A Hero" (Asghar Farhadi), "Drive My Car" (Ryusuke Hamaguchi), "Bergman Island" (Mia Hansen-Løve), "Lingui" (Mahamat-Saleh Haroun), "Compartment No.6" (Juho Kuosmanen), "Nitram" (Justin Kurzel), "The Restless" (Joachim Lafosse).

Selanjutnya, "Ahed's Knee" (Nadav Lapid), "Three Stories" (Nanni Moretti), "Everything Went Fine" (François Ozon), "Petrov's Flu" (Kirill Serebrennikov), dan "The Worst Person in the World" (Joachim Trier).

Festival ini akan berlangsung 6-17 Juli sebagai acara fisik, dengan perilisan teatrikal yang sudah direncanakan berjalan bersama untuk membangkitkan lagi industri film di negara tersebut.

Sementara itu, Festival Film Cannes juga akan hadir secara virtual dan terpisah, atau akan diadakan lebih awal pada bulan Juni.

Seperti yang diumumkan sebelumnya, Spike Lee akan bertindak sebagai kepala juri dalam kompetisi Cannes. Festival ini akan berakhir pada 17 Juli.

Harapan tinggi untuk Cannes yang diadakan fisik tahun ini, menyusul pembatalan tahun lalu. Beberapa bulan yang lalu peluangnya tampak tidak mungkin, dengan tantangan COVID-19 yang terus berlanjut di Eropa dan peluncuran vaksin yang lambat di Uni Eropa, tetapi beberapa pekan terakhir telah melihat beberapa perkembangan positif yang mengarah pada pelonggaran pembatasan lokal dan pembukaan perjalanan internasional. Bioskop Prancis sendiri akan dibuka kembali pada 19 Mei, dengan pembatasan kapasitas.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar