Penumpang bus Trans Semarang bayar tiket pakai botol plastik

id Wali kota semarang hendrar prihadi,bayar tiket bus pakai botol,botol plastik,bus trans semarang

Penumpang bus Trans Semarang bayar tiket pakai botol plastik

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengecek kondisi feeder bus Transsemarang di Semarang, Kamis (3/6/2021). ANTARA/ HO-Humas Pemkot Semarang.

Semarang (ANTARA) - Pemerintah Kota Semarang memberlakukan tarif khusus berupa penggunaan botol plastik yang bisa ditukarkan dengan tiket bus Transsemarang dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup.

"Khusus untuk naik Transsemarang setiap hari Selasa, mulai 8 Juni hingga 6 Juli 2021," kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dalam siaran pers di Semarang, Kamis.

Jenis botol plastik yang bisa ditukarkan di antaranya botol ukuran 1 galon akan memperoleh 2 tiket, dan masing-masing 3 botol ukuran 1,5 liter; 5 botol berukuran 600 ml; 7 botol ukuran 330m; serta 10 gelas plastik ukuran 220 ml bisa ditukarkan dengan 1 lembar tiket.

Penukaran sampah botol plastik tersebut bisa ditukarkan di halte Transsemarang Balai Kota Semarang, Simpanglima, Imam Bonjol, serta Elizabeth.

"Kebijakan ini sekaligus salah satu upaya untuk mendorong minat masyarakat dalam menggunakan transportasi umum," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mewajibkan para pegawai pemerintah kota ini menggunakan transportasi umum atau daring saat berpergian di setiap hari Selasa, pada 8 Juni hingga 6 Juli 2021.

Wali kota yang akrab disapa Hendi itu mengatakan selain pegawai Pemkot Semarang, imbauan untuk menggunakan transportasi umum setiap hari Selasa itu juga berlaku untuk masyarakat umum.

Ia menjelaskan kebijakan Hari Transportasi Umum di tiap Selasa selama sekitar sebulan itu merupakan salah satu kegiatan dalam menyambut Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada 5 Juni 2021.