Taman Edukasi Pertamina RU III masuk nominasi Smart City Kemenkoinfo

id taman edukasi,taman edukasi pertamina,edukasi pertamina,pertamina,pertamina ru iii plaju,pertamina bumn,bumn

Taman Edukasi Pertamina RU III masuk nominasi Smart City Kemenkoinfo

Pelaku UMKM memanfaatkan Taman Edukasi Pertamina RU III Plaju di Kelurahan Talang Putri, Palembang, untuk memajang hasil kerajinannya. (ANTARA/Dolly Rosana/21)

Di sini juga ada perpustakaan mini yang sering didatangi anak-anak sekolah. Jadi keberadaan Taman Edukasi ini benar-benar membanggakan kami, ada sekitar tujuh kelurahan yang memanfaatkannya
Palembang (ANTARA) - Taman Edukasi yang dikelola Refenery Unit III Kilang Plaju, Palembang, masuk nominasi implementasi program Smart City yang digagas Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Lurah Kelurahan Talang Putri Hartati di Palembang, Kamis, mengatakan, keberadaan Taman Edukasi Pertamina ini dianggap memenuhi dimensi Smart City kategori smart society karena mewujudkan interaksi masyarakat yang efisien, cerdas, dan partisipatif terhadap pembangunan daerah sehingga tercipta masyarakat yang mandiri dan berdaya.

“Pemkot Palembang yang mengajukannya dan masuk dalam kategori smart society. Hari ini kami berkomunikasi secara langsung (virtual) dengan tim dari Kemenkoinfo,” kata dia.

Selama ini warga di Kecamatan Plaju sering memanfaatkan Taman Edukasi ini untuk kegiatan pelatihan UMKM. Beragam produk kerajina yang dihasilkan juga dipajang di lokasi ini karena terdapat gazebo etalase UMKM.

“Di sini juga ada perpustakaan mini yang sering didatangi anak-anak sekolah. Jadi keberadaan Taman Edukasi ini benar-benar membanggakan kami, ada sekitar tujuh kelurahan yang memanfaatkannya,” kata dia.

Staff Infrastruktur e-Government Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Palembang Rianda Pratama mengatakan respon positif ditunjukkan warga Plaju atas terpilihnya Taman Edukasi Pertamina dalam penilaian Kemenkoinfo.

"Mulai dari masa persiapan hingga penilaian, warga banyak terlibat. Semoga saja ini menjadi nilai plus tersendiri," kata dia.

Ia mengatakan sebelumnya sempat dilakukan evaluasi terhadap keberadaan Taman Edukasi ini, dan terungkap bahwa masyarakat mengharapkan dibuatkan jalan ke kampungnya sehingga tidak perlu melalui jalan raya.

“Untuk itu, pemkot meneruskan usulan ini ke Pertamina, semoga saja dapat diwujudkan,” kata dia.


Baca juga: Pertamina RU III ajak masyarakat manfaatkan limbah non-B3 di Kampung Kreasi Palembang

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina RU III Plaju Siti Rachmi Indahsari mengatakan sebagai perusahaan yang memproduksi berbagai produk energi untuk memenuhi kebutuhan nasional, Pertamina RU Wilayah Plaju juga memiliki kepedulian terhadap masyarakat sekitar melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

“Alhamdulillah, Taman Edukasi Pertamina yang didirikan oleh Pertamina RU Wilayah Plaju ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dengan memberikan energi sebagai lokasi pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan,” kata Rachmi.

Taman Edukasi Pertamina yang berdiri sejak 2019 ini merupakan wujud kontribusi Pertamina dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya tujuan keempat, yaitu pendidikan berkualitas.

Pendidikan berkualitas yang dimaksud yakni  menyediakan lokasi pendidikan dan pelatihan yang mumpuni, yang sudah didukung teknologi digital agar masyarakat mampu bersaing di era global.

Program ini juga sebagai salah satu bentuk implementasi peningkatan kontribusi dampak positif perusahaan yang termasuk dalam kriteria ESG (Environmental, Social, and Governance).

Baca juga: Kilang Plaju Pertamina produksi biosolar