Warga OKU gotong royong buat jalur alternatif di jalan amblas

id Jalur alternatif, jalan amblas, bencana longsor, lalulintas lumpuh total, penghubung OKU Selatan

Warga OKU gotong royong buat jalur alternatif di jalan amblas

Jalan penghubung Kabupaten OKU-OKU Selatan putus total akibat longsor yang terjadi Selasa (25/05) pagi. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Warga Kecamatan Lengkiti, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan bergotong royong membuat jalur alternatif pasca-jalan penghubung di Desa Kungkilan amblas akibat longsor agar arus kendaraan kembali lancar.

"Jalan alternatif ini dengan meminjam pakai kebun warga untuk dibuat jalur khusus sepeda motor," kata Camat Sosoh Buay Rayap, Ogan Komering Ulu (OKU), M Amin Baladi di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan, longsor akibat hujan deras yang terjadi pada Selasa (25/5) tersebut menyebabkan jalan penghubung Kota Baturaja dengan Kabupaten OKU Selatan tidak dapat dilintasi kendaraan roda dua dan empat.

Baca juga: Dinas PUBM TR Sumsel perbaiki jalan amblas di OKU

Baca juga: Pemprov Sumsel perbaiki jalan amblas di Desa Belatung OKU


Longsor akibat pergeseran tanah hingga menyebabkan jalan amblas sepanjang 200 meter tersebut menimbulkan kemacetan arus kendaraan di jalur tersebut, bahkan lumpuh total.

"Jalan alternatif roda dua saat ini sudah bisa dilewati warga untuk beraktifitas seperti ke kebun dan antarjemput sekolah," ujarnya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan PLN untuk melakukan pemadaman listrik sementara waktu mengingat terdapat beberapa tiang lsitrik yang tumbang akibat pergeseran tanah.

Sementara itu, Pelaksana Harian Bupati OKU Edward Chandra saat meninjau lokasi jalan amblas menegaskan akan segera mengambil langkah cepat agar jalan tersebut kembali berfungsi dan bisa dilewati kendaraan.

"Kerusakan jalan ini sudah dilaporkan ke Pemprov Sumsel. Mudah-mudahan jalur transportasi kembali lancar sambil menunggu perbaikan jalan yang amblas," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar