BNI catat peningkatan transaksi 50 persen gunakan "mobile banking"

id BNI,mobile banking,layanan digital,berita sumsel, berita palembang, palembang hari ini

BNI catat peningkatan transaksi 50 persen  gunakan "mobile banking"

Seorang nasabah BNI menggunakan layanan BNI Mobile Banking. ANTARA/HO-Humas BNI

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) mencatat peningkatan transaksi perbankan hingga 50 persen menggunakan BNI Mobile Banking, yang memperlihatkan adanya kenaikan tingkat kenyamanan masyarakat dalam menggunakan layanan digital.

"Jika dilihat transaksi Desember 2020, transaksi digital dari nasabah BNI khususnya di aplikasi BNI Mobile Banking mengalami peningkatan hampir 50 persen dari transaksi Desember 2019," kata Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati di Jakarta, Minggu.

Ia memastikan kenaikan pengguna mobile banking tersebut menunjukkan masyarakat sudah mulai beralih layanan dalam bertransaksi, yakni dari transaksi secara fisik di outlet menjadi ke channel elektronik atau digital.

Menurut dia, tingginya animo pengguna BNI Mobile Banking didorong oleh fitur-fitur terbaru seperti Biometric Login, pembukaan rekening secara digital dengan fitur pengenalan wajah, peminjaman dana, pengelolaan tagihan kartu kredit, pengembangan e-wallet, hingga QRIS payment.

Layanan BNI Mobile Banking juga memiliki fitur yang favorit di masa pandemi seperti Mobile Tunai (pengambilan tunai tanpa kartu) dan Dikado (digital kado) untuk mengirimkan uang ke keluarga di kampung halaman pada hari Raya Idul Fitri.

Berbagai inovasi fitur ini telah mendapatkan apresiasi dari penggunanya, tercermin dari kenaikan rating aplikasi BNI Mobile Banking pada Android GooglePlay Store dari 3,6 di Agustus 2020 menjadi 4,9 di April 2021 dan juga IOS Apple Store menjadi 4.4 pada April 2021.

Terkait transaksi di sarana digital, Adi Sulistyowati mengatakan Indonesia saat ini memiliki potensi besar dengan pengguna internet tanah air yang mencapai 274 juta dan yang sudah terhubung dengan mobile adalah 345,2 juta.

"Itu merupakan potensi digital luar biasa untuk masyarkat Indonesia. Kami melihat masih sangat banyak yang bisa dikembangkan untuk bisa melayani masyarakat di seluruh Indonesia," katanya.

Untuk itu, ia memastikan inovasi akan terus dilakukan dalam peningkatan kenyamanan bertransaksi dan fitur-fitur baru di platform mobile banking, seperti fitur UMKM, konsolidasi statement, interaktif virtual assistance (Chat me) dan masih banyak lagi fitur baru lainnya.

Saat ini, BNI Mobile Banking mengutamakan kemudahan nasabah untuk bertransaksi langsung melalui smartphone, secara aman, mudah, hemat, dan cepat. BNI juga telah menyediakan hadiah menarik total jutaan rupiah setiap bulan bagi pengguna setia layanan digital.

Layanan BNI Mobile Banking tersebut mencakup transaksi informasi saldo, transfer, pembayaran tagihan telepon, pembayaran kartu kredit, pembayaran tiket pesawat, pembelian pulsa, pembukaan rekening Taplus, pembukaan rekening deposito, dan lain-lain.

Nasabah juga dapat menggunakan layanan transaksi tanpa dikenakan biaya alias gratis untuk cek saldo, transfer antar-BNI, bayar kartu kredit BNI, membayar Infaq, Qurban, Wakaf, Zakat, bayar iuran BPJS, pencairan deposito, top up reksadana, bayar pajak, bayar biaya pendidikan hingga top up saldo LinkAja.