Pesawat Pertamina angkut gas elpiji dalam ujicoba Bandara Long Bawan Krayan

id gas elpiji, Krayan, perbatasan Malaysia, pesawat pelita, PT Pertamina

Pesawat Pertamina angkut gas elpiji dalam ujicoba Bandara Long Bawan Krayan

Pesawat Pelita milik PT Pertamina mendarat perdana di Bandara Yuvai Semaring Long Bawan Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan mengangkut gas elpiji 12 kilogram pada Kamis (20/5/2021)(Antara)

Nunukan (ANTARA) - Pesawat Pelita Pertamina ujicoba Bandara Yvai Semaring Long Bawan Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kaltara mengangkut gas elpiji untuk kebutuhan masyarakat di wilayah perbatasan Sarawak, Malaysia.

Pendaratan pertama dengan mengangkut 40 buah tabung gas elpiji 12 kilogram di bandara tersebut pada Kamis (20/5), kata Yakup Palung, anggota DPRD Kaltara melalui sambungan telepon, Jumat.

"Pesawat milik PT Pertamina ini jenis ATR 72-500 mendarat pertama di Bandara Yuvai Semaring Long Bawan Kecamatan Krayan pada Kamis kemarin," ujar dia.

Sebelumnya, pesawat PT Pertamina jenis CASA juga mengangkut gas elpiji untuk kebutuhan masyarakat dari Balikpapan, Kaltim untuk lima kecamatan di wilayah itu yakni Kecamatan Krayan, Krayan Selatan, Krayan Barat, Krayan Tmur dan Krayan Tengah.

'Iya pertama kali pesawat jenis ATR-500 milik PT Pertamina mendarat dengan membawa 40 tabung gas elpiji 12 kilogram," tambah Yakup Palung, legislator PDIP ini.

Yakup mengatakan kemungkinan pesawat Pelita ini yang akan menggantikan pesawat jenis CASA yang akan mengangkut gas elpiji ke wilayah perbatasan Malaysia tersebut. Selama ini, masyarakat perbatasan pada lima kecamatan hanya mengandalkan gas elpiji dari Sarawak, Malaysia.

Namun, selama pandemi COVID-19 dan Malaysia sedang lockdown maka pasokan dari negara tetangga terhenti sehingga masyarakat pada lima kecamatan di Krayan sanat membutuhkan suplai dari dalam negeri.

Keberadaan pesawat milik PT Pertamina mengangkut gas elpiji ini, Yakup menyatakan tidak terlepas dari perjuangan Deddy Sitorus, anggota DPR RI dari Fraksi PDIP asal daerah pemilihan Kaltara ini.