Sumsel kawal realisasi proyek Pelabuhan Tanjung Carat

id Gubernur sumsel,pemprov sumsel,sumatera selatan,sumsel,provinsi sumsel,pelabuhan,tanjung carat

Sumsel kawal realisasi proyek Pelabuhan Tanjung Carat

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru memantau lokasi Pelabuhan Tanjung Carat di Kabupaten Banyuasin. (ANTARA/HO/21)

Saya optimistis jika pelabuhan ini sudah ada bakal meningatkan pertumbuhan ekonomi dan dipastikan banyak investor yang bakal masuk karena daya saing sudah meningkat
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengawal realisasi proyek Pelabuhan Tanjung Carat di Kabupaten Banyuasin karena ditargetkan pada akhir tahun 2021 setidaknya sudah peletakan batu pertama (groundbreaking).

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Rabu, mengatakan koordinasi terus dilakukan antara pemprov dan pemerintah pusat agar target yang diberikan Presiden Jokowi itu dapat terlaksana.

“Tentunya kami (pemprov) kawal terus, dimana ada kendala selalu diupayakan agar ditemukan solusinya,” katanya.

Ia mengatakan kehadiran pelabuhan laut dalam Pelabuhan Tanjung Carat itu demikian diimpikan masyarakat Sumatera Selatan.

Bisa dikatakan sudah sangat mendesak karena dari seluruh provinsi yang berusia tua di Indonesia, hanya Sumsel yang tidak memiliki pelabuhan sendiri.

Selama ini, Sumsel mengirimkan hasil buminya ke negara tujuan ekspor melalui pelabuhan di daerah lain, seperti Pelabuhan Panjang di Lampung dan Pelabuhan Belawan di Medan.

Selain itu, hadirnya pelabuhan samudera ini dipandang sebagai kebutuhan mendesak lantaran alur Sungai Musi semakin lama semakin mendangkal, sementara Sumsel diketahui perekonomiannya bertumpu pada ekspor batu bara, karet dan minyak sawit.

“Saya optimistis jika pelabuhan ini sudah ada bakal meningatkan pertumbuhan ekonomi dan dipastikan banyak investor yang bakal masuk karena daya saing sudah meningkat,” kata dia.

Terkait persiapan untuk pembangunan proyek tersebut, ia mengatakan Sumsel sudah memastikan bahwa areal seluas 461 Hektare yang diproyeksikan menjadi lokasi pelabuhan itu Clear And Clean (CNC)

Sementara itu, dukungan mendirikan Pelabuhan Tanjung Carat ini sudah diberikan pemerintah pusat dengan siap mengucurkan dana sekitar Rp300 miliar agar akhir tahun 2021 sudah bisa ground breaking.