Polres OKU pantau protokol kesehatan di tempat keramaian

id Pemantauan prokes, tempat keramaian, sosialisasi papan bicara, alat pengeras suara, Polres OKU, COVID-19

Polres OKU pantau protokol kesehatan di tempat keramaian

Personel Polres OKU memberikan edukasi protokol kesehatan menggunakan papan bicara di Taman Kota Baturaja, Senin (17/5/2021) ANTARA/Edo Purmana

Baturaja, Sumsel (ANTARA) - Jajaran Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memantau penegakan protokol kesehatan di sejumlah tempat keramaian di Kota Baturaja melalui kegiatan Mang Pedeka Serbu Kampung Zona Oranye di wilayah Kecamatan Baturaja Timur.

"Kegiatan Mang Pedeka Serbu Kampung Zona Oranye yang dilaksanakan selama libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah hingga beberapa hari ke depan ini untuk menekan angka penyebaran virus corona," kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP Arif Hidayat Ritonga di Baturaja, Senin.

Dalam kegiatan tersebut pihaknya menerjunkan puluhan personel untuk memantau disiplin protokol kesehatan di sejumlah titik keramaian di Kota Baturaja seperti pasar, Taman Kota Baturaja dan Citimall.

Baca juga: Petugas Satgas COVID-19 usir pengunjung dan pedagang kaki lima di BKB Palembang

Personel yang dikerahkan ini bertugas memantau sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat menggunakan papan bicara agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Sosialisasi menggunakan papan bicara dan alat pengeras suara ini mengimbau masyarakat agar selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas berpergian.

"Dipilihnya titik lokasi ini karena biasanya ramai dikunjungi masyarakat yang masih banyak mengabaikan protokol kesehatan," jelasnya.

Seperti di Taman Kota Baturaja masih terdapat kerumunan masyarakat yang berpotensi menimbulkan klaster penyebaran virus corona sehingga dibubarkan oleh petugas di lapangan.

"Kalau sanksi belum ada. Baru sebatas edukasi saja. Namun, jika terdapat kerumunan langsung dibubarkan," tegasnya.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar