PT HK catat sebanyak 431.768 unit kendaraan melintas Tol Trans Sumatera pada H-1 Lebaran

id tol trans sumatera,hutama karya,kendaraan mudik,lebaran 2021

PT HK catat sebanyak 431.768 unit kendaraan melintas Tol Trans Sumatera pada H-1 Lebaran

Ilustrasi: Kendaraan melintas di jalan tol trans Sumatera Bakauheni-Palembang Kilometer 77 di desa Sababalu, Lampung Selatan, Lampung, Senin (10/5/2021). ANTARA FOTO/Ardiansyah/pras/aa. (ANTARA FOTO/ARDIANSYAH)

Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) mencatat sebanyak 431.768 kendaraan telah melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada H-1 Lebaran 1442 H.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) Hutama Karya J Aries Dewantoro mengatakan Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) kendaraan yang melintas di Tol Trans Sumatera turun 89.266 kendaraan atau sebesar 17,13 persen dibanding sebelum Larangan mudik sebesar 521.034 kendaraan.

“Penurunan trafik ini tak lepas dari adanya larangan mudik dari pemerintah yang cukup dipatuhi oleh masyarakat di tahun ini," ujar Aries dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu

Ruas Tol Trans Sumatera yang turun signifikan jumlah kendaraan yang melintas yakni Tol Pekanbaru – Dumai anjlok 40,39 persen. 

Ia mengatakan hingga Selasa (11/05) tercatat total 519 kendaraan yang diputarbalikan dari 3.840 kendaraan yang diperiksa.

"Kendaraan yang diputarbalikan tersebut dikarenakan kendaraan tersebut tidak dapat menunjukan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan hasil negatif COVID-19 berbasis tes RT-PCR maks 3x24 jam/ rapid Antigen maks 2x24 jam/hasil negatif Genose C19," katanya.

Empat titik penyekatan di Tol Trans Sumatera berlokasi di Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, GT Simpang Pematang & GT Kayu Agung di Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung dan GT Dumai di Ruas Pekanbaru – Dumai.

Meski perusahaan mendukung arahan pemerintah dalam peniadaan mudik, namun Hutama Karya selaku pengelola JTTS berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan optimal dengan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan bagi pengguna jalan tol yang diperbolehkan melintas.

Selain itu juga menerapkan protokol COVID-19 dalam pengoperasian seluruh ruas jalan tol yang dikelola dengan mewajibkan petugas memakai masker dan sarung tangan, secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan, menyediakan tempat cuci tangan di rest area dan memberikan cek kesehatan gratis untuk memastikan pengguna jalan dalam keadaan prima.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar