Aktivitas perusahaan jasa pengiriman di Palembang meningkat

id jara pengirimna,perusahaan jasa kargo,pempek, kerupuk, aneka jenis kue tradisional

Aktivitas perusahaan jasa pengiriman di Palembang  meningkat

Loket pelayanan jasa pengiriman dokumen, barang dan makanan di Palembang. (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Aktivitas perusahaan jasa pengiriman paket barang dan makanan di Kota Palembang, Sumatera Selatan sejak awal bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah hingga Mei 2021 ini mengalami peningkatan.

Sejumlah pengelola perusahaan jasa pengiriman di Palembang, Senin, mengaku selama Ramadhan mengalami peningkatan permintaan pengiriman terutama paket makanan seperti pempek, kerupuk, dan aneka jenis kue tradisional/khas daerah setempat.

Pimpinan PT Jevin Multi Sarana (JMS) Kargo Palembang, Yoriwansyah menjelaskan, permintaan pengiriman meningkat selama Ramadhan, namun sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada 13 Mei 2021, permintaan pengiriman semakin banyak.

Permintaan pengiriman paket tidak hanya berupa makanan, tetapi juga barang perlengkapan rumah tangga, dan pakaian jadi.

Permintaan pengiriman barang itu dominan tujuan ke Pulau Jawa terutama Jakarta, Bandung dan Surabaya, begitu juga paket yang masuk untuk didistribusikan ke Kota Palembang dan berbagai kabupaten/kota dalam wilayah Sumatera Selatan lainnya, sebagian besar dari beberapa daerah tersebut.

Tingginya permintaan pengiriman sudah diprediksi sebelumnya karena berdasarkan pengalaman setiap bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri selalu terjadi lonjakan permintaan pengiriman berbagai jenis makanan dan barang.

Untuk mengatasi peningkatan permintaan jasa pengiriman tersebut, pihaknya berupaya mengoptimalkan personel, armada dan jaringan yang ada, sehingga berapapun permintaan pengiriman dan tujuan ke mana saja siap dilayani.

Mengenai ongkos/biaya pengiriman, dia menjelaskan, PT JMS Kargo menetapkan dua pilihan tarif, untuk pengiriman paket barang maupun dokumen secara kilat (satu hari sampai) Rp22.000,- per kilogram dan pengiriman reguler/biasa (tiga hari sampai) Rp17.500/kg.

Sementara Pimpinan TPX Cargo, Ian Fakhlani mengatakan, jumlah paket barang yang dikirim melalui perusahaannya beberapa hari terakhir mengalami peningkatan sekitar 30 persen dari kondisi bulan sebelumnya.

Begitu pula menurut petugas PT Tiki Palembang, Ali permintaan pengiriman paket barang ke berbagai daerah di Sumatera dan Jawa mengalami peningkatan sekitar 50 persen lebih.

Barang yang dipercayakan pelanggan untuk dikirim melalui perusahaan tempatnya bekerja sebagian besar adalah makanan dan pakaian jadi untuk Lebaran.

"Untuk menghadapi terjadinya penumpukan paket barang kiriman, pihaknya berupaya menambah tenaga pengantar dan armada pengiriman sehingga sebelum Lebaran Idul Fitri diharapkan semua paket telah terdistribusi ke alamat tujuan," ujarnya.